Pengerjaan Rel Layang Joglo Solo Masuk Tahap Kedua, Akan Ada Rekayasa Lalin di Sini

| 18 Aug 2022 22:00
Simpang Joglo yang menjadi sumber kemacetan di Solo dan akan dibuat rel layang.

ERA.id - Menurut Site Manajer PT Wika-BKY KSO Dendy Purbowo, pengerjaan proyek rel layang Joglo sudah memasuki tahap kedua, yakni pemasangan pondasi pilar-pilar penyangga jembatan rangka baja.

Pasca pelaksanaan tahap pertama selesai, sudah ada pengalihan jalur atau detour track sepanjang 1,8 kilometer dari Stasiun Balapan Solo hingga stasiun Kaliyoso. ”Jadi jalur ini sudah bisa dilalui kereta api. Detour track ini telah dilalui kereta api dengan normal,” kata Dendy, Kamis (18/8/2022).

Sementara untuk pembongkaran jalur kereta api lama telah diawali dengan pemindahan pohon dan item-item lainnya. ”Minggu ini kami persiapan penyempitan jalan dan membuat area pengamanan dengan pemasangan pembatas-pembatasnya,” katanya.

Pada tahap kedua ini, jalur kereta api lama akan dibongkar untuk menunjang pembuatan substruktur pilar jembatan. Merujuk pada time line pekerjaan Rel Layang Joglo, pelaksanaan tahap kedua ini dimulai Agustus hingga bulan Februari 2023 mendatang.

”Sesuai perencanaan itu, pelaksanaan tahap kedua akan berdampak pada Jl Kolonel Sugiyono, Jl Solo-Purwodari, dan Jl Mangunggal yang ada di sekitar Simpang Joglo. Akan ada penyempitan jalan di sejumlah titik, salah satunya di Jalan Kolonel Sugiyono dan jalan sekitarnya,” katanya.

"Untuk penyempitan jalan ini akan dipasang barier beton untuk pembatas jalan karena akan dilakukan penggalian pondasi jembatan dan struktur sampai ke penyelesaian pilar atas,” katanya.

Dengan perkembangan pembangunan Rel Layang Joglo ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo akan menyiapkan rekayasa lalu lintas. Hal ini disampaikan oleh Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Solo, Mudo Prayitno. Kendaraan yang melintas di Jalan Kolonel Sugiyono, Jalan Solo-Purwodadi, dan Jalan Manunggal akan dibuat searah.

Untuk penerapannya sebagian sudah dimulai. Untuk Jalan Manunggal dan Jalan Kolonel Sugiyono sudah diberlakukan searah mulai 16 Agustus 2022 lalu dari arah selatan menuju utara. ”Kalau Jalan Solo-Purwodadi mulai tanggal 23 Agustus dari selatan ke utara. Diberlakukan satu arah sampai 23 Februari 2023,” katanya.

Rekomendasi