Seorang Anggota TNI di Sumut Diamuk Massa Usai Terciduk Curi Sapi Warga

| 05 Sep 2022 23:13
Seorang Anggota TNI di Sumut Diamuk Massa Usai Terciduk Curi Sapi Warga
Ilustrasi kerbau (Antara)

ERA.id - Seorang anggota TNI Denpom Sibolga, Serda ST diamuk massa usai terciduk mencuri ternak sapi milik warga di Desa Binanga, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara (Sumut).

Dari informasi yang diperoleh adapun peristiwa itu bermula saat Aswan Siregar selaku pemilik sapi tengah mengembala ternaknya di perkebunan PT. AMD, area SPBU Armadar 50, Desa Binanga, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Palas, Sumut, pada Sabtu (3/9/2022) pukul 15.00 WIB.

Namun sekira pukul 17.00 WIB, sekembalinya Aswan ke lokasi seusai makan siang mendapati seekor sapinya telah hilang. Dia kemudian menaruh curiga sapinya telah dicuri.

Aswan selanjutnya menelepon rekan-rekannya untuk mengintai pelaku pencurian ternaknya. Aswan bersama enam orang rekannya kemudian melangsungkan pengintaian di Jalan Poros, Simpang PT. MDP, pukul 21.45 WIB.

Sekira pukul 22.30 WIB, mereka kemudian melihat satu unit mobil Grandmax BK 8167 EI yang dikemudikan oleh Serda ST melintas di kawasan tersebut. Saat ditanya, Serda ST berdalih sedang membawa kayu.

Aswan bersama rekan-rekannya yang menaruh curiga kemudian kembali mengejar mobil yang dikendarai oleh Serda ST. Hingga berhasil dihentikan di depan SPBU Armadar 50, mereka kemudian memeriksa muatan mobil yang dikendarai Serda ST dan ditemukan seekor lembu yang sudah dipotong dan ditutupi kayu.

Warga yang sebelumnya sudah sering kehilangan ternaknya, kemudian menghajar Serda ST. Tercatat sudah 40 hewan ternak warga hilang seperti sapi dan kerbau. Serda ST mengalami luka dibagian dahi dan bibir.

Serda ST kemudian dibawa ke Puskesmas Binanga untuk mendapatkan perawatan medis. Sementara itu, barang bukti mobil, sapi dan kayu diboyong ke Mapolsek Barumun Tengah.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/Bukit Barisan, Letkol Inf Rico Julyanto Siagian membenarkan peristiwa tersebut. Rico mengatakan saat ini Serda ST tengah menjalani pemeriksaan Denpom Sibolga.

"Iya benar infonya. Sekarang lagi dalam proses di Denpom Sibolga," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Senin (5/9/2022).

Rekomendasi