Tangerang Mulai Direndam Banjir

| 08 Sep 2022 11:35
Tangerang Mulai Direndam Banjir
Banjir di Kota Tangerang pada 2020 silam. (Antara)

ERA.id - Hujan deras menyebabkan tiga titik di Kampung Jogreg dan Seglog, Desa Pasir Bolang, Kecamatan Tigaraksa serta Kawasan Industi Oleg Balaraja, Kabupaten Tangerang, terendam banjir, Kamis (8/9/2022).

Berdasarkan data yang diperoleh melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, tingi banjir mulai dari 40 hingga 60 sentimeter.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir mengatakan ketiga titik banjir tersebut merendam sekitar 10 rumah warga dan juga akses jalan.

"Untuk di Oleg Balaraja, banjir menutup atau merendan jalan sekitar 60 sentimeter  dimana, jalan itu biasa dilalui pekerja, alhasil saat ini ada sekotar 2 truk dari bantuan dari perusahaan setempat untuk mengangkut para pekerja menuju ke pabriknya masing-masing," katanya.

Sementara untuk di kawasan Seglog, banjir merendam sekitar 10 rumah warga dan di Jogreg, banjir menutup akses jalan.

"Akses jalan tertutup sekitar 50 sentimeter, begitu juga rumah yang terendam. Saat ini masih bisa dilalui para pengguna jalan baik pejalan kaki, kendaraan roda dua dan empat, tapi harus berhati-hati. Mengingat, arus banjir cukup deras, karena dekat dengan Kali Cimanceuri," katanya.

"Kemudian untuk rumah terendam banjir dengan ketinggian 60 sampai 70 sentimeter, warga masih tetap memilih bertahan di kediaman masing-masing. Tapi, tim kami sudah disiagakan jika tiba-tiba air kembali naik, dan para warga harus dievakuasi," lanjutnya.

Selain curah hujan yang saat ini cukup tinggi, banjir juga disebabkan oleh drainase yang tidak lancar, serta luapan volume air dari Kali Cimanceuri kembali naik.

Rekomendasi