Wali Kota Solo Gibran Minta Samin Tak Tolak Bantuan Pasca Uang Tabungan Hajinya Dimakan Rayap

| 14 Sep 2022 23:29
Wali Kota Solo Gibran Minta Samin Tak Tolak Bantuan Pasca Uang Tabungan Hajinya Dimakan Rayap
Samin menunjukan uang tabungan hajinya dimakan rayap (Antara)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta agar Samin (53), penjaga SDN Loji Wetan, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo yang uangnya dimakan rayap, bersedia menerima bantuan. Sebab banyak orang yang berniat baik membantunya pasca adanya musibah tersebut.

”Akeh, orang nek niate apik akeh sing membantu (banyak, orang yang niatnya baik banyak yang membantu). Makanya jangan ditolak,” kata Gibran Rabu (14/9/2022).

Putra Presiden Jokowi mengungkapkan, ada banyak orang yang ingin membantunya. Namun jika bantuan tersebut ditolak, Gibran menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut pada Samin. ”Nek belum siap ya silahkan, tapi banyak yang mau membantu,” kata Gibran.

Namun, ia menegaskan bantuan tersebut diberikan dalam bentuk pemberangkatan umrah. Jika terkait uang yang sudah rusak, semua kewenangan berada di Bank Indonesia.

”Soalnya udah kemakan, nanti kita lihat dulu. Dari Pak Joko (Kepala BI Solo) katanya gitu. Tapi ada banyak yang bantu. Pokoknya niatnya haji ada yang bantu, kalau soal duit urusannya BI,” katanya.

Sebagai informasi Samin telah menabung selama 2,5 tahun untuk berhaji sekeluarga. Namun tabungan yang ditempatkan dalam celengan plastik tersebut dimakan rayap.  Padahal tabungan yang terkumpul ini jumlahnya sekitar Rp100 juta.

Terkait adanya bantuan yang ditawarkan pada Samin, ia tak menampik adanya tawaran ini. Namun dirinya belum bisa memastikan dirinya mau menerima bantuan tersebut atau tidak.

”Yang jelas saya mau diumrohkan gratis sama salah satu biro umrah. Saya sama istri saya. Tapi sementara ini saya menolak ya enggak, menerima juga belum. Soalnya saya mau menata pikiran dulu,” kata Samin.

 

Rekomendasi