Simpan Uang di Rumah Berisiko Dimakan Rayap? Simak Tips Berikut!

| 14 Sep 2022 19:03
Simpan Uang di Rumah Berisiko Dimakan Rayap? Simak Tips Berikut!
Ilustrasi Rayap. (Mikaylabinar.com)

ERA.id - Karena berbagai alasan, banyak orang yang lebih memilih menyimpan uang di rumah. Namun, kekurangan dari pilihan tersebut adalah ancaman serangga berjenis rayap. Serangga jenis ini bisa memakan kayu atau kertas yang disimpan di dalam rumah.

Oleh karena itu, jika ada banyak uang disimpan dalam rumah lalu dihabisi rayap, tentu akan terasa sia-sia semua yang sudah dikumpulkan dengan susah payah.

Seseorang bernama Samin memperlihatkan uang tabungannya yang rusak akibat dimakan rayap di Solo, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Aris Wasita)

Mengapa Banyak Orang Lebih Memilih Simpan Uang Di Rumah?

Sebelum membahas bagaimana menyimpan uang di rumah agar terbebas dari gangguan rayap, tentu kita perlu memahami juga mengapa banyak orang yang memilih menyimpan uang di rumah. Antara lain sebagai berikut:

Lokasi Bank Jauh

Indonesia merupakan negara yang besar. Hal ini juga yang menyebabkan belum meratanya infrastruktur di berbagai daerah. Di Pulau Jawa, akses perbankan bisa ditemukan dengan mudah. Namun, berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di luar Jawa, untuk menabung atau mengambil uang, masyarakat harus datang ke bank dengan jarak yang jauh.

Administrasi Terasa Rumit

Banyak yang beranggapan bahwa urusan birokrasi dan administrasi bank sangat sulit dan melelahkan. Contoh kecilnya, karena peraturan harus bersepatu ketika pergi ke bank, maka muncullah hambatan psikologis, pikiran sudah terlebih dulu menolak. Ada juga yang beranggapan, bahwa semua transaksi perbankan harus dijalankan di cabang bank, dan di seluruh tempat belum tentu ada. Hal inilah yang mendorong banyak orang menyimpan uang di rumah.

Setoran Pertama yang Mahal

Hal selanjutnya yang mungkin dijadikan alasan bagi banyak orang menyimpan uang di rumah adalah setoran pertama di bank yang cukup mahal. Beberapa bank di Indonesia mewajibkan setoran pertama yang besar untuk membuka rekening. Hal ini jelas dianggap tidak efektif untuk orang-orang di desa. Oleh sebab itu, menabung di rumah lebih mereka senangi daripada harus menabung di bank dengan setoran awal yang besar.

Jika Anda memang lebih suka menyimpan uang di rumah, simak beberapa tips ini agar uang Anda tidak dimakan rayap.

Tips Menyelamatkan Uang dari Serangan Rayap

1. Celengan Kaleng

Bagi Anda yang mempunyai niat untuk menabung setiap harinya, celengan plastik atau kaleng juga bisa dijadikan pilihan. Namun, sebaiknya simpan celengan ini di tempat yang tidak dekat dengan kayu. Sebab penyimpanan dengan kayu atau bambu dapat mengundang kehadiran rayap. Dengan demikian, uang Anda akan selamat.

2. Simpan di tempat Kering

Untuk mencegah serbuan rayap, tempat penyimpanan uang benar-benar harus Anda perhatikan. Uang harus disimpan di tempat yang kering. Anda bisa menyimpan uang di tempat yang berbahan besi atau plastik sehingga rayap sulit menjangkau dan merusak uang Anda. Selain itu, tempat-tempat berbahan kayu tidaklah direkomendasikan, sebab akan mudah dirusak oleh rayap.

3. Simpan di brankas

Selain bisa menyimpan uang di tempat yang kering, Anda harus menyimpannya juga di tempat yang awet. Terutama, jika uang yang Anda simpan adalah jumlah yang besar. Jika hal ini yang terjadi, maka tempat penyimpanan yang tepat adalah brankas. Tidak hanya aman dari rayap, uang Anda juga aman dari radar pencuri. Sebab brankas dilengkapi dengan password yang hanya Anda tahu sendiri.

Demikianlah beberapa tips yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyimpan uang di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi