Uang Samin Senilai Rp20 Juta yang Dimakan Rayap Diganti Bank Indonesia

| 15 Sep 2022 14:41
Uang Samin Senilai Rp20 Juta yang Dimakan Rayap Diganti Bank Indonesia
Petugas Bank Indonesia Solo memeriksa uang rusak milik Samin akibat dimakan rayap di Kantor Bank Indonesia, Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/9/2022).

ERA.id - Bank Indonesia menukar uang milik Samin (53) penjaga SD Loji Wetan, Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo yang dimakan rayap. Totalnya ada Rp 20.220.000 yang ditukar oleh BI Kantor Perwakilan (BI KPw) Solo.

Kepala KPw BI Solo Nugroho Joko Prastowo menyerahkan langsung uang tersebut pada Samin dan istrinya di kantor BI Solo, setelah Samin dan istri menyusun kembali serpihan-serpihan uang yang tersisa setelah dimakan rayap.

”Kami membantu Pak Samin menyusunnya. Kan diketahui Selasa pagi, kemudian siangnya kami lihat wujud uangnya yang dimakan rayap,” katanya saat ditemui di KPw BI Solo, Kamis (15/9/2022).

Setelah uang tersebut dilihat oleh BI, di hari itu ada Rp 9.910.000 yang bisa langsung ditukar kepada BI. Kemudian sisanya, serpihan-serpihak lainnya disusun kembali dan ditempel hingga mencapai 2/3 bagian uang.

”Alhamdulillah setelah disusun lagi ada sebanyak Rp10.030.000 yang bisa tertukar. Dibantu teman-teman (dari BI) yang rekonstruksi. Selebihnya sisa uang lainnya tidak bisa direkonstruksi lagi,” kata Joko.

Menurut Joko dengan adanya kejadian ini, semoga menjadi pembelajaran bagi semua pihak, agar bisa lebih aman dalam menyimpan uang tunai.

Joko menganjurkan semua pihak agar bisa lebih mengedepankan transaksi nontunai. ”Bukan karena mendapat bunga atau bagi hasilnya, tapi bisa lebih aman dalam penyimpanannya,” katanya.

Sementara Samin sendiri merasa bersyukur karena uangnya masih bisa diganti, meski tidak sepenuhnya. Ia juga meminta agar masyarakat belajar dari insiden yang menimpanya.

”Jangan nabung di omplong. Dua tahun saya nabung di omplong, kejadiannya jadi seperti ini,” katanya.

Rekomendasi