BMKG: Ada 31 Titik Panas di Balikpapan Kaltim

| 15 Sep 2022 13:15
BMKG: Ada 31 Titik Panas di Balikpapan Kaltim
Relawan sedang melakukan pemadaman api di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Antara).

ERA.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan, mendeteksi sebanyak 31 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga pihak terkait langsung diberi informasi agar bisa menindaklanjuti dengan melakukan penanganan.

"Sebanyak 31 titik panas tersebut terpantau sepanjang Rabu kemarin mulai pukul 01.00 hingga 24.00 wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Kamis (15/9/2022).

Sebaran 31 titik panas itu telah disampaikan ke instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Tiga hari sebelumnya, BMKG Stasiun Balikpapan juga memantau sebanyak 58 titik panas yang tersebar pada lima kabupaten dan langsung diinformasikan kepada pihak terkait untuk ditangani, sehingga titik panas tersebut sekarang sudah hilang.

Sedangkan adanya titik api yang terpantau kemarin, merupakan titik api baru dan berada di titik koordinat berbeda, meskipun ada juga yang tersebar pada kabupaten dan kecamatan yang sama.

"Sebanyak 31 titik panas yang terpantau kemarin tersebar di tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Paser ada tiga titik, Kutai Timur terdeteksi lima titik, dan di Kabupaten Berau terdeteksi 23 titik panas," ujarnya.

Secara rinci, untuk tiga titik yang ada di Kabupaten Paser tersebar di tiga kecamatan, yakni dua titik di Kecamatan Batu Engau dan satu titik berada di Kecamatan Paser Belengkong yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kutai Timur yang terdeteksi lima titik panas tersebar di empat kecamatan, yakni dua titik di Kecamatan Muara Wahau, Kecamatan Bengalon, Kabubun, dan Sangatta Utara masing-masing ada 1 titik panas yang semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Sedangkan 23 titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Berau, pun tersebar pada tiga kecamatan dengan tingkat kepercayaan menengah, yakni 6 titik di Kecamatan Tabalar, sebanyak 15 titik di Kecamatan Segah, dan 2 titik panas berada di Kecamatan Sambaliung," ujar Idham. (Antara).

Rekomendasi