Bule Duduk di Pelinggih, Tempat yang Disucikan Umat Hindu, Dispar Bali Meradang

| 06 Oct 2022 18:41
Bule Duduk di Pelinggih, Tempat yang Disucikan Umat Hindu, Dispar Bali Meradang
Warga negara asing atau bule yang menduduki pelinggih (tempat suci) di Pura Trate Bang, Tabanan, Bali.

ERA.id - Ada warga negara asing atau bule yang viral karena menduduki pelinggih (tempat suci) di Pura Trate Bang, Tabanan. Tahu itu, Dinas Pariwisata Provinsi Bali pun meradang.

Dia berniat mengumpulkan pengurus Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali.

"Saya mau kumpulkan lagi asosiasi guide (pemandu), Asita, terutama HPI, saya ajak bicara urusan begini, termasuk juga saya akan koordinasi dengan pihak Dinas PMA (Pemajuan Masyarakat Adat), karena dia akan membawahi para bendesa," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bali Tjok Bagus Pemayun di Denpasar, Kamis (6/10/2022).

Bule laki-laki itu mengunggah foto dirinya sedang duduk di sebuah balai pelinggih yang berada di kawasan Kebun Raya Bali, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan melalui akun Instagram bernama @dreamchaser_travelling.

Sejak foto tersebut ramai pada Sabtu (1/10),  Dispar Bali langsung menghubungi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan untuk segera memeriksa yang terjadi.

"Kami sangat menyayangkan itu terjadi lagi, karena memang kita sudah mengingatkan para pihak agar tetap berkoordinasi dengan pengelola daya tarik wisata (DTW) khususnya yang masalah pura ini. Itu harus betul-betul diperhatikan, karena memang ketidaktahuan atau kurang informasi terkait hal itu," ujarnya.

Sebelum nantinya mengumpulkan asosiasi terkait seperti Asita dan HPI, Tjok Bagus mengatakan bahwa selama ini pihaknya telah menyampaikan arahan kepada pemandu wisata.

Ia menegaskan bahwa Bali identik dengan pariwisata budaya dan yang terjadi mencemari simbol agama Hindu yang disucikan.

"Mudah-mudahan itu segera diselesaikan, saya masih menunggu laporan dari Kadis Pariwisata Tabanan dan juga kepada para guide, saya pikir guide yang mendapatkan lisensi itu sudah tahu, tapi sepertinya WNA ini ke sana tidak pakai tour guide," kata Tjok Bagus kepada media.

Apabila nantinya terbukti WNA tersebut datang ke Pura Trate Bang menggunakan pemandu, Kadispar Bali menyebut akan memanggil pemandu tersebut, seperti hal serupa yang dilakukan Pemprov Bali selama ini.

Sementara untuk WNA yang berfoto di atas pelinggih pura, hingga kini belum dapat terkonfirmasi kehadirannya bersama pemandu atau berwisata secara mandiri mengandalkan peta.

Tjok Bagus juga mengatakan bahwa kabarnya WNA tersebut mengambil gambar di Pura Trate Bang saat enam bulan yang lalu, sehingga pihaknya akan lebih berhati-hati dalam menindaklanjuti kasus ini.

"Saya minta pertimbangan dulu seperti apa langkah-langkah kita, karena kita harus hati-hati sekarang menyikapi ini, kita tidak boleh terburu-buru, tetapi jelas kalau sudah mencederai, karena kita sudah komit pariwisata kita pariwisata budaya," ujarnya di Denpasar.

Rekomendasi