6 Balita di Kabupaten Tangerang Terkonfirmasi Gagal Ginjal Akut

| 25 Oct 2022 18:48
6 Balita di Kabupaten Tangerang Terkonfirmasi Gagal Ginjal Akut
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, mencatat ada 6 balita di wilayahnya terkonfirmasi menderita gangguan ginjal akut yang saat ini masih menjalani pengobatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kabupaten Tangerang, Faridz mengatakan dilaporkannya keenam balita tersebut sejak bulan Juli lalu.

"Tetapi kalau penyebab dari obat yang sirop ini belum terbukti. Jadi saya tegaskan bahwa kasus ini belum tentu disebabkan oleh obat sirop, karena faktornya banyak, bisa karena infeksi, virus dan lain sebagainya," tegasnya, Selasa (25/10/2022).

Faridz juga menjelaskan, pihaknya juga belum dapat memastikan kondisi terkini dari keenam anak penderita ginjal akut tersebut, namun dipastikan keenam anak itu tengah dalam perawatan tim medis.

"Enam orang dari berbagai rumah sakit, terutama di RSCM. Semua warga Kabupaten Tangerang. Berasal dari wilayah Balaraja, Cikupa, Binong, Mauk, Teluknaga dan Sepatan," ucapnya.

Faridz menambahkan, enam balita yang terkonfirmasi mengalami ginjal akut itu, didapat dari laporan rumah sakit swasta dan pemerintah yang akhirnya merujuk enam pasien ke RSCM, Jakarta.

Rekomendasi