Kabar Baik! Menkes Temukan Obat Gagal Ginjal Akut, Didatangkan dari Singapura

| 21 Oct 2022 17:55
Kabar Baik! Menkes Temukan Obat Gagal Ginjal Akut, Didatangkan dari Singapura
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Dok. BPMI)

ERA.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sudah menemukan obat dari gagal ginjal akut. Obat tersebut didatangkan dari Singapura.

"Sekarang sudah ditemukan obatnya, RSCM sebagai tim ahli ginjal nasional kita datangkan obatnya dari Singapura," ujar Menkes Budi lewat Youtube FMB9ID_IKP, dikutip Kamis (21/10/2022).

Ia menyebutkan dari enam pasien yang diberikan obat tersebut, sebanyak empat pasien menampakkan hasil yang responsif terhadap pemberian obat tersebut. Sehingga obat tersebut akan langsung didatangkan dalam jumlah yang cukup banyak.

"Untuk bisa disebarkan di seluruh rumah sakit. Karena ini kejadiannya sudah teridentifikasi di 20 provinsi di seluruh Indonesia dengan totalnya lebih dari 200," katanya.

Ia memastikan obat tersebut juga sudah dites dengan sampel tertentu. Ia mengklaim hasilnya aman dn relatif menyembuhkan.

"Sehingga mudah-mudahan bisa memberikan perlindungan bagi balita-balita kita kalau terkena racun ini," kata Budi.

Sebelumnya, pemerintah mencatat sebanyak 209 kasus gagal ginjal akut yang didominasi diderita anak-anak usia satu hingga lima tahun. Akibatnya, seluruh obat berbentuk sirop diimbau untuk tak digunakan.

Hal ini lantaran adanya kemungkinan kandungan etilen glikol yang terdapat dalam obat tersebut. Kandungan etilen ini juga diduga menjadi penyebab kasus gagal ginjal akut.

Rekomendasi