Tingkatkan Kinerja ASN Solo Agar Lebih Baik, Gibran Akan Adopsi Aplikasi Pemprov Jabar

| 29 Oct 2022 22:32
Tingkatkan Kinerja ASN Solo Agar Lebih Baik, Gibran Akan Adopsi Aplikasi Pemprov Jabar
Pertemuan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Wali Kota Solo (Dokumentasi Pemkot Solo).

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana mengadopsi aplikasi kepegawaian milik Provinsi Jawa Barat. Aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini disampaikan Gibran saat bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berkunjung ke rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung. Dari sekian banyak aplikasi yang digunakan Pemprov Jawa Barat, menurut Gibran aplikasi ini yang paling cocok diterapkan di Pemkot Solo.

”Sebenarnya Pak Gubernur (Ridwan Kamil) punya banyak aplikasi. Tapi yang bisa diaplikasikan di Solo dan saya tertarik di bidang kepegawaian, saya sudah minta izin untuk meng-copy,” kata Gibran, Sabtu (29/10/2022). 

Ia berharap, aplikasi ini bisa membantu ASN untuk melayani masyarakat, namun berada dalam koridor aturan yang benar. ”Intinya ASN mindset-nya harus seperti orang swasta. Inginnya cepat biar warga bisa merasakan hasilnya,” katanya.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku senang jika aplikasi kepegawaian diadopsi di Kota Solo. Sebab tahun lalu, Jawa Barat mendapat penghargaan atas kinerja ASN terbaik se-Indonesia.

”Salah satunya praktek-praktek birokrasi kami kunci dengan aplikasi. Sehingga tidak ada KKN, tidak ada korupsi, tak ada jual beli jabatan hingga orang malas ketahuan. Itu (aplikasi) sudah dipresentasikan dan Mas Wali (Gibran) sudah berkenan,” jelasnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan bahwa aplikasi ini bersifat open source. Sehingga bisa diterapkan kapan saja tanpa ada effort banyak.

”Tinggal copy paste saja. Ini bagian dari kerjasama kami. Dalam waktu 6-8 bulan ke depan (aplikasi) bisa terealisasi,” katanya.

Rekomendasi