BREAKING! KPK Geledah Rumah Pribadi Ketua DPRD Sulsel, Terhubung dengan Kasus Suap di Dinas PUTR?

| 02 Nov 2022 16:03
BREAKING! KPK Geledah Rumah Pribadi Ketua DPRD Sulsel, Terhubung dengan Kasus Suap di Dinas PUTR?
Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari. (Antara)

ERA.id - Setelah dilakukan penyidikan terkait kasus suap keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari seketika sulit untuk dihubungi.

Tim ERA Makassar pun mencoba untuk menghubunginya dan mengirim pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp, namun tetap saja tidak direspons.

Tepat hari ini, Rabu (2/11/2022), tim penyidik KPK bergerak menggeledah rumah pribadi milik kader Partai Golkar Sulsel itu, tepatnya di Jalan Pelita Raya, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri membenarkan hal itu. "Betul, dari informasi yang kami terima, tim penyidik KPK hari ini menggeledah di rumahnya (Andi Ina)," ucap Ali Fikri kepada ERA, Rabu (2/11/2022).

Ali Fikri pun menegaskan dalam dekat ini akan membeberkan informasi terbaru dari penggeledahan rumah pribadi Andi Ina. Karena hingga saat ini, tim penyidik KPK masih mengumpulkan bukti-bukti terkait kasus korupsi.

Diberitakan sebelumnya, KPK memanggil kembali Andi Ina untuk keperluan pemeriksaan sebagai saksi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ina dipanggil dalam rangka pengembangan kasus tersangka mantan Sekretaris Dinas PUTR Sulsel Edy Rahmat (ER) dalam penyidikan dugaan korupsi pemeriksaan laporan keuangan Pemprov Sulsel pada tahun anggaran 2020 pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).

Alhasil, KPK pun menetapkan lima tersangka dalam kasus tersebut. Sebagai pemberi suap, yaitu ER. Sementara itu, selaku penerima suap ialah Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulawesi Tenggara sekaligus mantan Kepala Subauditorat Sulsel I BPK Perwakilan Sulsel Andy Sonny (AS) dan Yohanes Binur Haryanto Manik (YBHM) selaku pemeriksa pada BPK Perwakilan Sulsel.

Selanjutnya ada nama Wahid Ikhsan Wahyudin (WIW) selaku mantan pemeriksa pertama BPK Perwakilan Sulsel/Kasubbag Humas dan Tata Usaha BPK Perwakilan Sulsel dan Gilang Gumilar (GG) selaku pemeriksa pada perwakilan BPK Sulsel/staf Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan BPK Sulsel.

Rekomendasi