Penataan Kawasan Ngarsopuro Sempat Berjalan Lambat, Menteri PUPR Pastikan Selesai Lebih Cepat dari Jadwal

| 04 Nov 2022 19:51
Penataan Kawasan Ngarsopuro Sempat Berjalan Lambat, Menteri PUPR Pastikan Selesai Lebih Cepat dari Jadwal
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau proyyek pembangunan kawasan Gatsu, Solo. (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Proyek penataan kawasan Jalan Gatot Subroto (Gatsu), Solo diperkirakan selesai lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Meskipun beberapa waktu lalu pengerjaan proyek ini berjalan sangat lambat karena terkendala banyak persoalan.

Proyek Gatsu ini diperkirakan selesai pada akhir November 2022 ini. Saat ini capaian pengerjaannya sudah mencapai 50 persen. "Kalau kontraknya dijadwalkan selesai bulan Desember, tapi kemungkinan ini lebih cepat selesainya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di sela kunjungannya di lokasi, Jumat (4/11/2022).

Ia menyebutkan pembangunan sudah memasuki tahap finishing. Saat ini pengerjaannya hanya menambahkan ornamen-ornamen penghias Jalan Gatsu. Untuk menghias kawasan ini, ada 15 supplier yang digandeng.

"Supplier untuk anyaman di Tangerang, sudah saya telepon, saya minta ada dikirim tanggal 15-an November ini, kemudian untuk kanopi-kanopi di Jalan Gatot Subroto," ujarnya.

Ornamen didatangkan dari beberapa daerah di luar Solo, seperti dari Tangerang dan Sragen. Basuki juga meminta lebih banyak tanaman ditempatkan di lokasi.

"Bikin pot-pot untuk tanaman di Gatsu, biar nggak gersang. Nanti kita bikinkan litter box ukuran 1 meter agar pohon ketapang atau kencana bisa hidup," katanya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menambahkan untuk penataan kawasan Gatsu paling cepat selesai diperkirakan 15 November mendatang. "Sebab 15 November semua baru sampai. Pot, kanopi dan lainnya," katanya. 

Rekomendasi