NasDem Tegaskan Usung Anies Baswedan Bukan karena Beragama Islam

| 05 Nov 2022 14:30
NasDem Tegaskan Usung Anies Baswedan  Bukan karena Beragama Islam
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali. (Ilham/ERA.id).

ERA.id - Partai NasDem menegaskan Anies Rasyid Baswedan diusung sebagai calon presiden (capres) bukan karena alasan agama. Apalagi pengusungan itu lantaran Anies Baswedan beragama Islam.

Penegasan itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali ketika memberi kata sambutan saat mendampingi Anies Baswedan menghadiri kegiatan Silaturahmi Anies Baswedan Bersama Para Ulama, di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (4/11/2022).

Ali menambahkan telah mendapat tugas langsung dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk mengantarkan serta mendampingi Anies Baswedan selama berkunjung ke Medan, Sumut. Dia mengaku Surya Paloh banyak menitip pesan agar disampaikan kepada masyarakat termasuk para alim ulama.

"Saya ingin menyampaikan bahwa mencalonkan Anies Baswedan menjadi calon presiden bukan pertimbangan karena dia seorang Islam semata-mata," tegasnya.

Ali menyebut pengusungan Anies Baswedan sebagai capres telah melalui banyak pertimbangan yang matang. Partai NasDem, kata dia, Anies Baswedan memiliki integritas dan rekam jejak yang jelas.

Dia pun menegaskan mendeklarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu lebih awal sebagai capres bukan pertimbangan sembrono. Menurutnya, Anies Baswedan telah membuktikan hal itu saat memimpin DKI Jakarta.

"Ini menjadi kewajiban bagi saya mewakili partai yang mengusung Pak Anies menjadi calon presiden. Karena mengusung Pak Anies menjadi calon presiden lebih awal ini bukan pertimbangan yang sembrono, ini pertimbangan yang sangat matang untuk mewakili keadilan bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

Ali menegaskan mendeklarasikan calon pemimpin lebih awal bukan hal baru bagi Partai NasDem. Dia mengatakan Partai NasDem telah melakukan hal itu saat pilpres 2014.

"Sejak 2014 ketika partai ini lolos menjadi peserta pemilu, kami mendeklarasikan lebih awal Pak Jokowi yang saat itu menjabat Gubernur DKI," terangnya.

Selain itu, Ali mengatakan Partai NasDem telah mengenal sosok Anies Baswedan. Dia mengatakan Anies merupakan salah satu deklarator Partai NasDem.

"Partai NasDem, ketika dia berdiri 2013, kebetulan Pak Anies ini adalah salah satu deklarator, Ormas NasDem. Dan beliau adalah pembaca manifestor Ormas Partai NasDem. Artinya Pak Surya Paloh sudah mengenal sejak awal tentang Anies Baswedan," sebutnya.

Ali menambahkan bahwa Partai NasDem mengutamakan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurutnya, tidak ada gunanya Anies menjadi presiden namun tidak mampu menjaga NKRI.

Surya Paloh, kata Ali, juga berpesan agar seluruh pihak menjadi pelopor dalam menghadapi kontestasi politik tahun 2024 mendatang. Dia meminta seluruh pihak memerangi kelompok intoleran.

"Untuk kelompok-kelompok yang selama ini berpikir negatif terhadap Anies momentum ini hendaknya kita buktikan bahwa insyaallah bahwa Anies Baswedan pendukungnya adalah orang-orang yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.

Rekomendasi