3 Fraksi DPRD Tapteng Desak Pj Bupati Copot Sekda, Ini Alasannya

| 18 Nov 2022 11:34
3 Fraksi DPRD Tapteng Desak Pj Bupati Copot Sekda, Ini Alasannya
Ketua Fraksi NasDem Imam Safi'i Simatupang didampingi Adhitia Melfan Tanjung, Emma Erwani Br. Sinulingga, Amian Marpaung, Josua Maruduttua Habeahan, Kamis (17/11/2022) di Gedung DPRD Tapteng.(Ilham M/ ERA)

ERA.id - DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), mendesak Penjabat (Pj) Bupati Tapteng Elfin Elyas Nainggolan untuk mencopot Yetty Sembiring dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng.

Desakan itu datang dari tiga fraksi di DPRD Tapteng. Di antaranya Fraksi PDI Perjuangan, Perindo dan NasDem.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Camelia Neneng Susanty mengatakan desakan pencopotan Yetty Sembiring dari jabatan Sekda lantaran dinilai kurangnya kerjasama yang baik antara Yetty Sembiring dengan para pimpinan OPD.

Hal senada juga disampaikan Ketua Fraksi NasDem Imam Safi'i Simatupang didampingi sejumlah anggota Fraksi NasDem DPRD Tapteng, di Gedung DPRD Tapteng, dikutip Jumat (18/11/2022).

"Kami dari Fraksi NasDem DPRD Tapteng mendesak Pj Bupati untuk mencopot Yetty Sembiring dari jabatannya sebagai Sekda," ujar Imam.

Imam menjelaskan alasan Fraksi NasDem mendesak agar Yetty segera dicopot karena adanya mosi tak percaya dari para pimpinan OPD dan camat. Dia meminta agar diusulkan penggantinya yang lebih berkompeten dan bisa menciptakan situasi yang kondusif di lingkungan Pemkab Tapteng.

"Tidak ada kekondusifan dan kerjasama yang baik antara Yetty Sembiring dengan para pimpinan OPD. Ada juga surat mosi tak percaya dari OPD terhadap Yetty Sembiring. Selain itu juga ada usulan dari para camat memohon untuk mengganti Yetty Sembiring sebagai Sekda Tapteng," katanya.

Anggota DPRD Tapteng dari Fraksi NasDem, Melfan Tanjung menimpali desakan dari Fraksi NasDem tersebut untuk menindaklanjuti surat rekomendasi DPRD Tapteng yang sudah sampai ke Mendagri dan ke Pemprov Sumut untuk mengganti Yetty Sembiring dari jabatannya sebagai Sekda.

"Kami mendesak kepada Pj Bupati Tapteng segera mengganti Sekda. Bila perlu desak sampai ke Mendagri, karena pemerintahan ini harus berjalan dengan baik dan kondusif. Apalagi saat ini sudah masuk ke tahap penyusunan anggaran Tahun 2023," tegasnya.

Sementara, anggota DPRD Tapteng dari Fraksi Perindo, Charles menyebut fraksinya mendesak Yetty dicopot untuk menjalankan roda pemerintahan yang baik dan kondusif di lingkungan Pemkab Tapteng.

"Kami dari Fraksi Partai Perindo meminta agar Sekda Kabupaten Tapteng yang saat ini dijabat kembali oleh Yetty Sembiring segera diganti dengan yang lebih berkompeten agar bisa menciptakan jalannya roda pemerintahan yang baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapteng," ujarnya.

Rekomendasi