Viral Ibu-ibu Lahiran di Teras Puskesmas, Begini Penjelasan Dinkes Tapanuli Tengah

| 30 Nov 2022 22:25
Viral Ibu-ibu Lahiran di Teras Puskesmas, Begini Penjelasan Dinkes Tapanuli Tengah
Tangkapan layar seorang ibu lahir di teras Puskesmas di Kabupaten Tapteng, Sumut. (Ilham/Era)

ERA.id - Moment seorang ibu-ibu melahirkan di teras Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) viral di media sosial. Momen memprihatinkan itu dibagikan seorang pengguna sosial media Imran Sibagariang di laman Facebook.

Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, memperlihatkan seorang ibu dalam kondisi lemah dan tak berdaya. Sementara seorang pria tampak cemas dan panik berada di sampingnya.

Sementara, tampak darah telah membasahi sarung yang ibu itu kenakan. Tampak juga sesosok bayi yang masih terikat tali pusar. Bayi itu terdengar menangis.

"Puskes tukka punya cerita," terang pengunggah video.

Sementara itu,Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Tapteng, Nursyam mengatakan peristiwa itu terjadi pada, Sabtu (26/11/2022).

Nursyam mengungkapkan adapun ibu tersebut bernama Yetina Hulu (21), warga Bona Lumban, Lingkungan V, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapteng.

"Kejadiannya Sabtu kemarin, cuma videonya baru beredar," terangnya saat dikonfirmasi Era, Rabu (30/11/2022).

Nursyam menjelaskan saat peristiwa itu terjadi, Puskesmas Tukka sudah tutup. Namun, seorang bidan yang berada di sekitar lokasi turun menangani Yetina.

"Proses pemotongan tali pusar di dalam Puskesmas. Ibu saat ini dalam kondisi sehat dan bayi lahir dengan berat 3 kilo," pungkasnya.

Rekomendasi