Empat Hari Jelang Resepsi Pernikahan, Kaesang Wilujengan di Mangkunegaran

| 07 Dec 2022 21:15
Empat Hari Jelang Resepsi Pernikahan, Kaesang Wilujengan di Mangkunegaran
Kaesang Pangarep (Amalia Putri/Era)

ERA.id - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menghadiri acara Wilujengan di Pendopo Pura Mangkunegaran pada Rabu (7/12/2022).

Wilujengan ini sebagai persiapan untuk acara resepsi pernikahannya dengan Erina Gudono yang akan dilaksanakan pada Minggu (11/12/2022) mendatang.

Acara Wilujengan ini juga dihadiri Penguasa Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara X, Gibran Rakabuming Raka yang merupakan kakak sulung Kaesang, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia serta sejumlah kerabat Pura Mangkunegaran.

”Tadi habis Wilujengan untuk syukuran sama untuk mohon keselammatan, kelancaran untuk acara di hari Minggu,” kata Kaesang usai prosesi Wilujengan.

Selain doa bersama, Wilujengan ini juga disertai dengan acara makan bersama. Menunya yakni Nasi Liwet khas Mangkunegaran.

Sementara saat disinggung mengenai rangkaian acara sebelum akad nikah, ia mengatakan hanya pengajian di rumah pribadi Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo.

”Besok pengajian. Udah itu aja,” katanya.

Setelah akad nikah yang digelar di Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember 2022, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal mengikuti acara tasyakuran ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran. Acara ini akan digelar pagi dan malam hari dan diawali dengan kirab.

Terkait acara ini Kaesang mengaku tidak ada persiapan khusus. ”Gak ada. Semua sudah disiapin, kalau gak persiapan ya gimana no? Aman, Insya Allah semuamya aman,” ucapnya.

Terkait persiapan Pura Mangkunegaran menjelang acara pernikahannya, Kaesang memuji semuanya sudah bagus. Apalagi ada taman dan hiasan di depan Pendopo yang dibuat dari pihak Mangkunegaran. ”Senang, bagus, semua dari beliau (Mangkunegara X),” ujarnya.

Usai mengikuti wilujengan, dirimya juga berencana untuk ziarah ke makam neneknya, Sujiatmi Notomihardjo. ”Iya habis ini nyekar. Udah itu aja, nggak ada apa-apa,” katanya.

Rekomendasi