Tampil Pertama Kali Usai Pingitan, Erina Gudono Hadiri Pengajian Jelang Pernikahan

| 08 Dec 2022 18:06
Tampil Pertama Kali Usai Pingitan, Erina Gudono Hadiri Pengajian Jelang Pernikahan
Erina Gudono di acara pengajian jelang pernikahan (Dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

ERA.id - Erina Gudono, calon mantu anak bungsu Presiden Joko Widodo, tampil pertama kali usai menjalani pingitan jelang pernikahannya dengan Kaesang Pangarep. Dalam balutan busana serba putih abu, ia menghadiri pengajian khataman Al-Qur'an yang diikuti santri dan warga sekitar rumahnya.

Pengajian ini menadani dimulainya rangkaian acara pernikahan Kaesang dengan Erina Gudono. Pengajian digelar di rumah calon mempelai wanita di Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (8/12).

Dalam acara pengajian tersebut digelar semaan Al-Qur'an atau tradisi membaca dan menyimak pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Pihak keluarga mengundang sejumlah santri dari pondok pesantren serta para tetangga dan kerabat dekat keluarga mempelai.

Tampak calon mempelai wanita, Erina Gudono, duduk diapit oleh sang ibu Sofiatun Gudono dan kakaknya, Allen Gudono. Erina tampak anggun mengenakan pakaian berwarna abu muda, lengkap dengan kain penutup kepala berwarna senada.

Sebelumnya, Erina tak tampil ke publik, termasuk saat Kaesang menjalani gladi resik akad nikah di Royal Ambarrukmo, Sleman, karena tengah menjalani tradisi pingitan di rumahnya. 

Muhaimin, perwakilan keluarga keluarga, menyatakan khataman 30 juz Al-Qur'an dilakukan oleh 15 tim yang masing-masing mengkhatamkan dua juz.  "Ngaji itu kita khataman, semaan 30 juz, terdiri atas 15 tim. Nanti satu tim itu dua juz. Durasi kurang lebih maksimal dua jam selesai. Setelah itu ditutup doa," ujar Muhaimin.

Dalam pengajian tersebut juga disiapkan air yang akan digunakan untuk prosesi siraman Jumat (9/12) besok. "Di situ ngaji itu ada air yang untuk siraman, didoakan. Air untuk siraman, separuh dikirim ke Solo, separuh untuk Erina di sini setelah dicampur dari beberapa sumber," lanjutnya.

Pihak keluarga berharap dengan pengajian tersebut seluruh rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dan Erina bisa berjalan dengan lancar dan penuh berkah. "Mudah-mudahan semuanya barokah, aman," ujarnya.

Rekomendasi