Kominfo Bagikan 22 Ribu STB Gratis Untuk Gakin di Solo, Gibran Respon Keluhan Warga

| 19 Dec 2022 22:45
Kominfo Bagikan 22 Ribu STB Gratis Untuk Gakin di Solo, Gibran Respon Keluhan Warga
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membagikan STB untuk warga kurang mampu, Solo, Senin (19/12/2022).  

ERA.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo membagikan 22 ribu Set Top Box (STB). Pembagian dilakukan di Balai Kota Solo, Senin (19/12/2022) bersamaan dengan peringatan Hari Bela Negara.

Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail mengatakan pembagian ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Khususnya di Solo, ada sebanyak 22 ribu STB yang dibagikan hingga akhir tahun.

"Akhir Desember 2022 ini akan kami tuntaskan. Kami dibantu Pemkot Solo untuk membagikan ke keluarga kurang mampu," katanya.

Pembagian ini menyasar warga kurang mampu yang terdaftar dalam data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

"Sasaran kami hanya warga miskin. Jadi kalau warga sudah mampu secara ekonomi, kami harapkan bisa membeli sendiri," katanya.

Ismail mengatakan totalnya ada 1,5 juta STB yang dibagikan dengan rincian 1,2 juta dari Kominfo dan 300 ribu dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS).

"Khusus Solo kami berikan 22 ribu dengan merk Lubi yang bisa dibagikan," katanya.

Dari jumlah tersebut sudah ada sebanyak 9 ribu STB yang dibagikan. Sisanya akan disalurkan ke warga kurang mampu secara bertahap.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pembagian ini akan ditargetkan selesai sebelum 2023. Pekan ini ditargetkan ada 11 ribu STB yang disalurkan.

Pembagian STB ini dilakukan untuk merespon banyaknya keluhan warga tentang mahalnya STB. "Bantuan ini bisa jadi solusi bagi masyarakat kurang mampu," katanya.

Rekomendasi