Salah Satu Kubu Berkonflik di Keraton Surakarta Minta Bertemu, Gibran Nyatakan Siap dengan Syarat

| 20 Dec 2022 19:55
Salah Satu Kubu Berkonflik di Keraton Surakarta Minta Bertemu, Gibran Nyatakan Siap dengan Syarat
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan siap untuk bertemu dengan siapapun pihak dari Keraton Kasunanan Surakarta yang sedang berkonflik. Ia akan menindaklanjuti terkait kerusakan keraton tersebut.

Namun sayangnya Gibran masih belum bersedia menindaklanjuti. Pasalnya hingga saat ini Keraton Kasunanan Surakarta masih berkonflik. Sehingga Gibran enggan mengintervensi masalah internal Keraton Kasunanan Surakarta tersebut.

”Saya nggak tahu dinamikanya seperti apa. Kalau ada sedikit gesekan diselesaikan dulu. Monggo diselesaikan dulu, kami nggak berani intervensi,” katanya pada Selasa (20/12/2022).

Gibran menegaskan bahwa pemerintah bersedia membantu revitalisasi kawasan Keraton Kasunanan Surakarta. Namun ia meminta agar masalah internal diselesaikan terlebih dahulu.

Sebab menurutnya, untuk pembangunan dan renovasi, tidak membutuhkan waktu yang lama. ”Kalau mau dikasih contoh, Mangkunegaran itu contoh yang sudah kami kolaborasikan dengan Gusti Bhre (Mangkunegara X). Pokoknya tugasku bantu, kalau diminta bantu ya saya berangkat. Tapi kalau ada kendala internal, selesaikan dulu. Saya nggak mau ikut-ikut,” katanya.

Sebagai informasi, Putri Pakubuwono XII  Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Koes Moertiyah Wandansari selama enam bulan belakangan meminta bertemu dengan Gibran untuk membahas revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta. Namun sayangnya hingga kini belum bisa terlaksana karena masih ada konflik dalam internal keraton. Perempuan yang akrab disapa Gusti Moeng tersebut bersedia duduk bersama dengan berbagai pihak untuk membahas mengenai perbaikan keraton.

Rekomendasi