Malam Tahun Baru, Pemkot Solo Siapkan Car Free Night dan Larang Petasan

| 22 Dec 2022 14:46
Malam Tahun Baru, Pemkot Solo Siapkan Car Free Night dan Larang Petasan
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA)

ERA.id - Perayaan pergantian tahun di kota Solo akan disemarakkan dengan berbagai macam acara. Di antaranya Car Free Night (CFN) di sepanjang jalan Slamet Riyadi, Solo.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kamis (22/12/2022). Rencananya untuk CFN akan digelar di Jalan Slamet Riyadi.

"Malamnya CFN, paginya CFD (car free day). Lho enak to," kata Gibran.

Sebagai informasi CFN biasanya digelar sebagai event malam pergantian tahun di kota Solo. Namun karena pandemi, CFN tidak digelar dua kali, pada malam tahun baru 2021 dan malam tahun baru 2022.

Tahun ini rencananya kegiatan tersebut akan kembali digelar. Gibran juga memberikan kelonggaran dengan memperbolehkan adanya kembang api. Namun ia mewanti-wanti agar jangan sampai ada petasan di perayaan tersebut.

"Jangan ada mercon ya," ucapnya.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Taufik Muhammad, untuk gelaran CFN ini akan menutup Jalan Slamet Riyadi dari simpang empat Purwosari hingga simpang empat Gladak. Penutupan juga diperpanjang hingga Jalan Jenderal Sudirman di depan Balai Kota Solo.

"Kalau penutupan jalannya seperti biasa. Seperti CFN-CFN yang dulu," katanya.

Untuk kelancaran arus lalu lintas, beberapa simpang akan dibuka untuk sirkulasi jalan, seperti di simpang empat Gendengan dan simpang empat Ngapeman. Perayaan ini juga akan dilengkapi panggung hiburan di 10 titik.

"Kalau yang sudah pasti ada di depan Bank BRI oleh BRI sendiri dan di Balai Kota dari Bank Jateng. Lainnya kami masih menunggu konfirmasi dari sponsor," ucapnya.

Rekomendasi