Masjid Al Jabbar Jadi Jorok karena Sampah Pengunjung, Ridwan Kamil: Jangan Islam KTP!

| 01 Jan 2023 14:24
Masjid Al Jabbar Jadi Jorok karena Sampah Pengunjung, Ridwan Kamil: Jangan Islam KTP!
Sampah yang berhasil dikumpulkan dari area Masjid Raya Al Jabbar (Humas DLH Kota Bandung)

ERA.id - Setelah diresmikan pada Jumat (30/12/2022) kemarin, halaman Masjid Raya Al Jabbar terlihat dipenuhi sampah pada hari pertama pemakaian secara umum, Sabtu (31/12/2022).

Berdasarkan video berdurasi 27 detik dari warganet bernama Agam Rizky, yang diunggah oleh akun twitter @PRFM, Agam tampak resahan karena sampah yang berserakan di halaman Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung.

"Wuih sampahnya, wuih keren sampahnya," kata Agam sembari mengambil memperlihatkan kondisi halaman Masjid Raya Al Jabbar.

Atas laporan tersebut, UPT Penggelolaan Sampah DLH Kota Bandung melalui akun twitternya @UPTPS_DLHbdg langsung menerjunkan petugas untuk membersihkan area Masjid Raya Al Jabbar.

"Terima kasih atas informasinya, petugas kami sudah melaksanakan tugasnya. Kami berharap agar masyarakat juga dapat membantu kami dengan cara membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Nuhun," tulis akun resmi DLH Kota Bandung.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta kepada seluruh pengunjung Masjid Raya Al Jabbar agar senantiasa menjaga kebersihan. Sebab kebersihan merupakan sebagaian dari iman.

"Jagalah kebersihan kasihan tukang sasapu, bebersih. Sekarang sudah bersih, orang histeris saya memaklumi. Tapi tolong jangan diulangi, masa di masjid kotor, kan kebersihan itu bagian dari iman. Jadi tolong jangan Islam KTP, hanya selfie-selfie terus ngaruntah (menyampah)," kata Ridwan Kamil.

Rekomendasi