Wacana Tol Lingkar Selatan Solo Ditolak Bupati, Gibran: Ini Kan untuk Kepentingan yang Lebih Besar

| 03 Jan 2023 20:12
Wacana Tol Lingkar Selatan Solo Ditolak Bupati, Gibran: Ini Kan untuk Kepentingan yang Lebih Besar
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/Era.)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana akan mengajak para bupati di wilayah Solo Raya untuk duduk bersama membahas wacana pembangunan Tol Lingkar Selatan Solo.

Hal ini dikarenakan para bupati tersebut menolak wacana pembangunan proyek ini.

Terkait hal ini Gibran mengatakan akan membicarakan dengan bupati di Solo Raya, khususnya Bupati Karanganyar, Sukoharjo dan Klaten.

”Ya nanti kita bicarakan lagilah. Isu ini sebenarnya sudah kita bicarakan awal-awal saya menjabat dulu. Ya tunggu dulu. Nanti dibahas lagi ajalah ya, ben sama-sama enaknya,” ucapnya saat ditemui pada Selasa (3/1/2022).

Ia mengakui bahwa hal ini sudah pernah dibahas dengan para bupati di Solo Raya. Ia juga memahami jika penolakan ini dikarenakan para bupati menginginkan yang terbaik untuk wilayahnya.

Gibran berencana akan melakukan pertemuan dan berkoordinasi lagi dengan para bupati di wilayah Solo Raya. Termasuk koordinasi dengan pemerintah pusat dan kementerian terkait, mengingat Tol Lingkar Timur-Selatan Solo ini masuk dalam kategori Proyek Strategis Nasional (PSN).

”Namanya pro-kontra itu biasa ya, beliau-beliau para bupati mesti pengennya yang terbaik untuk kabupatennya masing-masing. Sekali lagi, nanti kami koordinasikan lagi, dengan kementerian juga. Tenang saja,” ucapnya.

Menurutnya proyek Tol Lingkar Timur-Selatan Solo ini dibangun untuk kepentingan yang lebih besar. Sehingga memerlukan pembahasan dan duduk bersama.

”Nanti dulu. Kita bicarakan dulu, ini kan untuk kepentingan yang lebih besar,” katanya.

Rekomendasi