Lagi, Pohon Tumbang Celakai Warga Makassar, Kali Ini Dua Orang Tewas karenanya

| 05 Jan 2023 11:01
Lagi, Pohon Tumbang Celakai Warga Makassar, Kali Ini Dua Orang Tewas karenanya
Tim Pemadam Kebakaran dan pihak kepolisian memotong batang pohon untuk mengevakuasi korban pohon di Puri Patene, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (4/1/2023).

ERA.id - Sebanyak dua di antara tiga korban, dinyatakan meninggal dunia usai ditimpa pohon tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Puri Pattene, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (4/1/2023) kemarin.

"Ada tiga korban. Awalnya satu korban atas nama Mutia usia delapan tahun dinyatakan meninggal dunia," ujar Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar Muhammad Hasanuddin, Rabu malam.

Mutia tidak dapat diselamatkan karena mengalami luka bagian kepala dan dada, diduga tertimpa material rumah saat pohon tumbang menimpa rumahnya, Rabu petang.

Korban lainnya berhasil dikeluarkan dari rumahnya setelah material pohon tumbang tersebut dipotong menggunakan gergaji mesin oleh tim penyelamat.

Sebanyak dua korban lainnya, masing-masing atas nama Zaki usia dua tahun dan Nursiah usia 45 tahun, setelah kejadian langsung dievakuasi ke rumah sakit.

Nursiah juga dikabarkan meninggal dunia saat berada di rumah sakit setempat, setelah dievakuasi menggunakan ambulans.

"Korban susulan atas nama Nursiah juga meninggal dunia di rumah sakit. Jadi untuk korban meninggal dunia ada dua orang, satu lainnya masih dirawat di rumah sakit," kata Hasanuddin.

Pohon tumbang juga menimpa salah satu rumah di samping Masjid Al Markaz di Jalan Lembo, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Satu korban bernama Daeng Ngewa usai 80 tahun berhasil diselamatkan petugas.

Angin kencang yang menyertai hujan lebat juga memorak-porandakan gasebo di sepanjang Pantai Tanjung Bayang. Tercatat sembilan gasebo di pinggir pantai tersebut rusak.

"Banyak rusak rumah-rumah (gasebo) pantai waktu angin kencang tadi pagi. Untung tidak ada orang di situ. Kejadiannya tiba-tiba, memang angin tadi kencang, air laut naik, tapi siang ini sudah surut," kata salah satu pemilik gasebo setempat, Daeng Tayang, usai kejadian.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem mulai 3-9 Januari 2023 dan memperingatkan masyarakat agar tetap waspada bencana.

"Prakiraan tanggal 3-9 Januari 2023, hujan dengan intensitas lebat yang cenderung pada dini hari sampai pagi hari berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan," kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Irwan Slamet.

Jauh hari pula, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, suda mengerahkan petugas untuk mengevakuasi warga yang ditimpa pohon tumbang di samping Gedung IMMIM di Jalan Jenderal Sudirman, saat hujan deras dan angin kencang meliputi beberapa bagian kota.

"Sampai saat ini ada empat korban dievakuasi ke Rumah Sakit Pelamonia," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar Achmad Hendra Hakamuddin, Jumat (23/12/2022) silam.

Rekomendasi