Gibran Mendadak ke Jakarta Demi Urusan Penting, Tujuannya Dirahasiakan

| 17 Jan 2023 08:37
Gibran Mendadak ke Jakarta Demi Urusan Penting, Tujuannya Dirahasiakan
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akhir akhir ini kerap bolak-balik ke Jakarta. Ia mengaku kepergiannya untuk melakukan persiapan.

Namun saat ditanyakan persiapan dimaksud, putra sulung Presiden Joko Widodo ini enggan mengungkapkan secara gamblang. Demikian juga saat dikaitkan dengan pilkada DKI Jakarta, Gibran menampiknya.

"Aku wira wiri (bolak balik) Jakarta terus kok, masak nggak tahu," ujar Gibran di sela kegiatan Porseni NU di Pamedan Mangkunegaran, Senin (16/1/2023).

Namun Gibran enggan mengungkapkan apa alasan seringnya dia bepergian ke Jakarta. Gibran hanya mengaku dirinya melakukan persiapan, tanpa menjelaskan secara detail persiapan tentang apa.

"Iki ngurusi sing liyane no (ngurus lainnya), persiapan. Persiapan no, masak nggak persiapan," sambungnya.

Saat didesak persiapan dimaksud, Gibran enggan menjelaskan. Demikian juga saat dikaitkan dengan dana hibah dari pemerintah Uni Emirat Arab (UEA). Meski belum cair, Gibran memastikan urusan uang 15 USD tersebut berjalan lancar.

"Masak ngurusin dana hibah terus. Tunggu saja, ini ngurusin yang lainnya," ucapnya.

Awak media yang penasaran terus mendesak Gibran agar menyampaikan maksud dan tujuannya ke Jakarta. Namun ia tetap bergeming. Demikian juga saat dikaitkan dengan partai politik atau persiapan pilkada 2024.

"Nggak ada yang manggil, ini persiapan kok. Enggak, nggak ada hubungannya dengan partai," ujarnya.

Gibran pun terus mengulang ulang perkataan yang sama, terkait persiapan. Namun kembali lagi ia menampik jika persiapannya ini terkait dengan partai.

"Persiapan, enggak enggak ini bukan partai. Nggak ada hubungannya dengan partai. Ini sesuatu yang lebih besar," katanya.

Gibran menampik jika yang dikerjakan di Jakarta merupakan kejutan awal tahun. Menurutnya, seluruh masyarakat sudah mengetahuinya.

"Sudah bukan kejutan lagi. Semua orang sudah tahu, saya ngapain di Jakarta. Doanya saja," ucap Gibran tanpa mau membocorkan tujuannya ke Jakarta.

Suami Selvi Ananda mengaku akan berada di Jakarta selama 2 hari. Ia akan berangkat hari ini dan kembali ke Solo pada Rabu besok.

"Rapat pisan engkas (sekali lagi), terus terbang ke Jakarta. Suwe (lama), Rabu mulih (kembali)," katanya.

Ditambahkannya, hari ini ia tidak bisa mengikuti acara pembukaan Porseni NU di Sritex Arena yang akan dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Saya sudah pamit ke Pak Menteri, ke Pak Gubernur juga sudah. Soalnya ini urgent, besok Sabtu ketemu lagi," tandasnya.

Rekomendasi