Ternyata Hubungan Pembunuh Berantai Wowon dengan Halimah Tak Direstui Keluarga

| 23 Jan 2023 19:55
Ternyata Hubungan Pembunuh Berantai Wowon dengan Halimah Tak Direstui Keluarga
Makam korban pembunuhan berantai Wowon Cs, Halimah (Istimewa)

ERA.id - Adik Halimah, Misbah (43) menceritakan Wowon Erawan alias Aki (60), salah satu tersangka pembunuhan berantai 'serial killers'. Diketahui, Halimah merupakan satu di antara sepuluh koban serial killers di Bekasi dan Cianjur.

Menurut pengakuan Misbah, kakaknya itu pernah membawa Wowon ke kediaman keluarga besarnya di Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Akan tetapi, Misbah lupa kapan tepatnya Wowon ke Cililin.

"Wowon sempat dibawa ke sini (Cililin) sama almarhum (Halimah). Sempet dia ngomong sama bapak saya bahwa dia mau kawin," tutur Misbah, Senin (23/1/2023).

Namun, imbuh Misbah, hubungan keduanya mendapatkan penolakan dari keluarga karena usia Wowon yang sudah terlalu tua. Apalagi, Wowon disebut menjadi pemicu keretakan rumah tangga Halimah dengan suami sebelumnya, Ahal.

Wowon yang saat itu berprofesi sebagai tukang ojek itu kemudian pulang ke Kabupaten Cianjur.

"Waktu itu bilangnya ngojek di Cianjur. Keluarga tidak setuju. Cerai dengan Ahal (mantan suami Halimah) diganggu oleh Wowon," imbuhnya.

Pasca pertemuan itu, pihak keluarga mendapat kabar bahwa Halimah memutuskan untuk menikah dengan Wowon.

"Setelah itu kita tidak komunikasi lagi. Nah tiba-tiba anaknya yang di sana, lapor ke kita kalau Halimah sudah nikah sama Wowon. Jadi kita ngga tahu juga kapan nikahnya," ucapnya.

Pernikahan keduanya pun mengakibatkan hubungan komunikasi keluarga dengan Halimah putus seketika. Akhirnya, pada tahun 2016 silam, keluarga mendapat kabar meninggalnya Halimah karena menderita sakit yang misterius. Halimah sebelumnya pernah bekerja di luar negeri sebagai TKI.

"Jadi dapat laporan itu pas dia (Halimah) sakit, sakitnya kan agak aneh juga. Saya sempat jenguk di Cianjur, setelah itu beberapa hari langsung meninggal," cetus Misbah.

Misbah mengaku selama Halimah sakit hingga akhirnya meninggal dunia, Wowon tidak pernah menampakkan batang hidungnya. Ia hanya bertemu sekali dengan Wowon, itu pun saat dibawa Halimah ke Cililin.

"Wowon ini ngga pernah muncul. Malah ada cerita dari kakak saya sebelum meninggal, Wowon itu justru bawa kabur uang punya kakak saya Rp 30 juta. Kakak juga sakitnya karena ulah si Wowon sama Duloh (tersangka lainnya)," bebernya.

Hal yang mengagetkan lainnya adalah pernikahan Ai Maemunah dengan Wowon. Pasalnya, Ai Maemunah merupakan anak Halimah dari mantan suaminya, Ahal.

"Waktu nikah sama keponakan saya juga (Ai Maemunah), itu kita keluarga nggak tahu. Jadi tahu-tahu sudah nikah saja. Karena Ai juga jarang komunikasi sama saya dan keluarga," terangnya.

Sepeninggal Halimah, kesedihan keluarga Misbah ditambah dengan kematian Ai Maemunah dan tiga anaknya. Adapun tiga anak Ai itu bernama Ridwan serta Riswandi merupakan buah pernikahan dengan Didin. Sementara satu anak lainnya, Bayu yang merupakan anak kandung Wowon dan Ai.

"Jadi saya kehilangan 5 anggota keluarga, kakak saya Halimah, keponakan saya Ai, sama cucu saya Ridwan, Riswandi, sama Bayu. Semuanya dibunuh sama si Wowon dan Duloh," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Wowon mempunyai enam istri, empat orang di antaranya tewas dibunuh oleh Wowon dan partner in crime-nya, Solihin alias Duloh (63).

Adapun Keempat istri Wowon yang tewas yakni Ai Maimunah, Farida, Wiwin, dan Halimah.

Rekomendasi