Gibran Akui Anaknya Sempat Minum Obat Praxion

| 08 Feb 2023 22:53
Gibran Akui Anaknya Sempat Minum Obat Praxion
Gibran Rakabuming Raka (Antara)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta semua pihak untuk berhati-hati. Khususnya para orang tua yang memiliki anak-anak di rumah.

Imbauan ini diberikan Gibran pasca ditemukannya kasus anak yang mengalami gagal ginjal setelah meminum Praxion. Bahkan Gibran mengaku pernah menyimpan obat jenis ini di rumahnya.

Bahkan istrinya, Selvi Ananda pernah memberikan obat jenis Praxion dan Termorex untuk kedua anaknya, Jan Ethes Sri Narendra dan La Lembah Manah.

”Anakku minum itu terus. Ya itulah, hati-hati semua,” katanya saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (8/2/2023).

Saat ini Pemkot Solo telah membantu penarikan obat ini. Kedua obat tersebut bahkan sudah tidak direkomendasikan di pasaran. Meskipun banyak orang tua yang kadang masih menyimpan sisa obat di rumah karena tidak sekali minum habis.

Ia bakal melakukan monitoring peredaran obat di kota Solo. Upaya antisipasi juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) dan Loka Pengawas Obat dan Makanan (LPOM).

Terkait adanya temuan kasus di RSUD dr Moewardi terkait anak yang gagal ginjal pasca meminum Praxion, ia telah meminta konfirmasi pada pihak rumah sakit. Anak tersebut tidak masuk dalam gagal ginjal akut progresif atipikal (GGAPA).

”Sedang kami monitor anaknya. Riwayat sebelumnya ada gangguan pernafasan," katanya.

Rekomendasi