Ini Alasan Pura Mangkunegaran Beri Gelar KPH untuk Gibran

| 03 Mar 2023 20:46
Ini Alasan Pura Mangkunegaran Beri Gelar KPH untuk Gibran
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai mendapat gelar Kanjeng Pangeran Haryo dari Pura Mangkunegaran Rabu (1/3/2023) lalu (Amalia Putri/Era)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka baru saja menerima gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) dari Pura Mangkunegaran Solo. Gelar kebangsawanan ini diterima Gibran saat Tingalan Wiyosan Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunegara X di Pura Mangkunegaran Rabu (1/3/2023) lalu.

Meski senang menerimanya, namun Gibran mengakui tak tahu alasan pemberian gelar ini. Namun Mangkunegara X kemudian memberikan alasan pemberian gelar pada putra sulung Presiden Jokowi ini.

”Gelar ini adalah tanda apresiasi saya pada beliau (Gibran). Selama ini Pura Mangkunegaran dan Mas Wali punya sinergi dalam pekerjaan-pekerjaan untuk memajukan ekonomi dan kebudayaan di Solo,” kata Mangkunegara X pada Jumat (3/3/2023).

Menurutnya di bawah kepemimpinan Gibran, Pura Mangkunegaran bisa berkolaborasi dengan Pemkot Solo untuk berbagai macam kegiatan. Termasuk kegiatan-kegiatan yang bersifat internasional, banyak yang ditempatkan di Pura Mangkunegaran.

”Kegiatan di Mangkunegaran banyak sekali yang disupport Pemkot. Terakhir kemarin saat kirab budaya, selain itu juga kegiatan pertemuan G20 hingga Asean Para Games (APG) dan event-event di luar,” katanya.

Usai menerima gelar ini Mangkunegara X mengakui jika Gibran kini adalah bagian dari Pura Mangkunegaran. Namun pria yang memiliki nama kecil Gusti Bhre ini tidak menuntut kontribusi dari Gibran. Gelar tersebut diberikan murni berdasarkan apresiasi.

”Sebagai bagian dari Mangkunegaran, tentu memiliki tanggung jawab untuk ikut merawat. Namun arahnya bukan seperti itu, tapi lebih condong bagaimana kami mengapresiasi,” katanya.

Rekomendasi