Peringati Kenaikan Takhta Pertama, Mangkunegara X Undang Presiden Jokowi

| 23 Feb 2023 21:53
Peringati Kenaikan Takhta Pertama, Mangkunegara X Undang Presiden Jokowi
KGPAA Mangkunegara X menjelaskan acara terkait Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunegara X, Solo, Kamis (23/2/2023). (Amalia Putri/ ERA)

ERA.id - Mangkunegara X berencana mengundang Presiden Joko Widodo untuk hadir dalam acara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunegara X yang pertama. Acara ini direncanakan terlaksana pada Rabu (1/3) mendatang.

"Bagaimanapun beliau telah hadir dalam jumenengan tahun lalu. Tapi beliau punya kesibukan yang luar biasa dengan IKN (Ibu Kota Nusantara) dan lainnya. Kami berharap beliau hadir," ujarnya saat ditemui di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (23/2).

Selain Presiden Jokowi, tokoh lainnya yang rencananya diundang dalam acara peringatan kenaikan takhta tersebut yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Apalagi Prabowo beberapa waktu lalu baru saja berkunjung ke Pura Mangkunegaran. "Menteri BUMN tentu kami undang. Taman Pracima ini ada atas dukungan beliau," ujarnya.

Undangan untuk Catur Sagatra juga akan disampaikan, yakni Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Keraton Ngayogyakarta, serta Pura Pakualaman. Namun saat ini Pura Mangkunegaran masih menunggu konfirmasi kehadiran para tamu.

Menurut dia, jumlah tamu undangan upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X yang Pertama dari upacara kenaikan tahta pada tahun lalu.

"Pasti lebih banyak dari tahun lalu yang masih PPKM dengan aturan cukup ketat. Ini longgar, kami mencoba mengundang lebih banyak dari keluarga dan kerabat," ujarnya.

Pengageng Kawedanan Mandrapura Pura Mangkunegaran KPH Tjuk Susilo mengatakan Pura Mangkunegaran mengundang sekitar 350 tamu undangan. Diperkirakan ada 700-an orang bakal hadir mengikuti upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X yang pertama ini.

Menurutnya para tamu akan hadir dengan disambut prajurit yang berjajar. Upacara dimulai pembukaan, doa, Mangkunegoro X masuk pendapa Pura Mangkunegaran. Kemudian ada pentas Bedhaya Anglir Mendhung dengan iringan gamelan Kyai Kanyut Mesem.

Rekomendasi