Aksi Gibran Geram Pembangunan Tirtamas Waterpark Tak Kunjung Selesai

Tim Editor

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia/era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merasa geram dengan pembangunan Tirtamas Waterpark tak kunjung selesai.

Padahal sudah dua tahun berjalan, pembangunannya tak kunjung menunjukkan adanya progres.

Hal ini disampaikan Gibran setelah meninjau lokasi yang ada di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (17/5/2022). Ia merasa geram karena water park dengan investasi sebesar Rp50 miliar ini tak kunjung selesai.

"Nggak selesai-selesai. Proses, tapi lambat sekali. Makanya saya kejar. Mungkin kalau nggak saya marahin ya mangkrak," ucap Gibran usai meninjau lokasi.


Namun dari keterangan yang diperoleh Gibran, pembangunan tahap satu diperkirakan selesai pada 1 Desember 2022 mendatang.

"Itu baru separonya, kalau saya lihat harus nunggu satu tahun lagi untuk 100 persen," ucapnya.

Untuk itu ia memanggil investor Tirtamas Waterpark ini. Sebab selama ini dari pantauan yang ia lakukan di lokasi, tidak banyak aktivitas pembangunan di lokasi.

"Saya beberapa kali lihat ke sana. Nggak ada aktivitas, tukangnya sedikit," ucapnya.

Gibran mengatakan ada beberapa alasan yang diungkapkan investor. Selain permasalahan pandemi Covid-19, ada pula permasalahan teknis karena kontur tanah yang sulit.

"Kontrak kerjanya jalan terus. Ya kita lihat Desember nanti, komitmennya seperti apa," katanya.

Sementara itu Investor Tirtamas Waterpark yakni PT Artha Tirta Mulia.  Direktur Utama PT Artha Tirta Mulia, Mulyono Sadeli mengatakan kendala pembangunan ini dikarenakan persoalan teknis. Sebab tanah dari bagian depan turun ke belakang 17 meter. Padahal untuk membuat kolam renang tanah harus datar.

"Jadi harus dibuat trap-trap," ucapnya.

Saat pembangunan dimulai, lahan di kawasan ini masih berbentuk hutan. "Saat kami masuk masih belum land clearing. Belum apa-apa," katanya.

Mulyono mengatakan saat ini pembangunan terus berjalan. Sebelumnya ada kendala terkait dengan cuaca yang menyebabkan pengerjaan  pondasi sedikit terhambat.

Ada dua fase pengerjaan, fase pertama melipuri lobi, kolam arus , menara luncur dan kolam splash. Ada lima wahana dalam pengerjaan di fase pertama.

"Kalau fase ini kontraktor menjanjikan lima bulan selesai. Jadi kalau targetnya Desember, kamimpunya waktu dua bulan untuk perbaikan lagi," katanya.

Sebagai informasi Tirtamas Waterpark pengerjaannya dimulai pada Juli 2020 lalu.

Selama dua tahun berjalan, tidak ada progres pengerjaan yang signifikan. Water park ini memiliki nilai investasi Rp 30 miliar dengan sistem kerjasama pinjam pakai selama 30 tahun.

Tag: Tirtamas Waterpark solo gibran

Bagikan: