Selama Bulan Ramadan, Masjid Raya Bandung Siapkan Seribu Takjil Setiap Hari

| 23 Mar 2023 20:25
Selama Bulan Ramadan, Masjid Raya Bandung Siapkan Seribu Takjil Setiap Hari
Ilustrasi majsid raya Bandung (Antara)

ERA.id - Selama bulan suci Ramadan 2023, Masjid Raya Bandung menyediakan seribu makanan untuk berbuka puasa atau takjil bagi masyarakat setiap harinya.

Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Ayi Hasyim Ashari menenangkan, penyediaan takjil di bulan ramadan ini telah menjadi tradisi Masjid Raya Bandung.

"Biasanya minimal itu menyediakan 1.000 paket, bisa sampai 3.000 paket, setiap hari," kata Ayi saat ditemui di Masjid Raya Bandung pada Kamis (23/3/2023).

Ia menyebut penyediaan takjil ini diperoleh dari berbagai donatur. Jadi, masyarakat yang ingin menyumbangkan rezekinya bisa ke langsung ke masjid.

"Kita menerima, bentuknya bisa apa saja, bisa natura. Tapi kalau natura itu biasanya koordinasi dulu, takutnya ada makanan yang tersisa," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat di Kota Bandung biasanya banyak yang menunggu waktu berbuka atau ngabuburit di sekitar Alun-Alun Bandung. Lalu, masyarakat itu pun ikut berbuka di Masjid Raya Bandung.

"Karena memang seperti ada romantisme, ngabuburitnya di alun-alun, buka puasanya ikut takjil di sini, seperti memang direncanakan, dan kita welcome dengan hal tersebut," tuturnya.

Selain itu, kegiatan selama bulan Ramadan seperti tadarus, tarawih, diskusi, dan kegiatan lainnya pun ada di Masjid Raya Bandung. Namun, bedanya, DKM ingin lebih menggandeng anak-anak muda untuk berkegiatan di Masjid Raya Bandung.

"Kita bikin kegiatan ya berdiskusi dengan anak muda, sistemnya juga bukan ceramah, tapi berdialog dan bertukar pikiran saja dalam membahas tema tertentu. Kami ingin menggandeng dan melibatkan anak muda dalam setiap kegiatan," tutupnya.

Rekomendasi