Polri Tak Masalah dengan Viralnya Polisi Buka Pintu Sel Agar Tahanan Bisa Peluk Anak

| 27 Mar 2023 10:00
Polri Tak Masalah dengan Viralnya Polisi Buka Pintu Sel Agar Tahanan Bisa Peluk Anak
Seorang ayah yang merupakan tahanan di Jambi memeluk putrinya.

ERA.id - Viral di media sosial anggota polisi di Jambi, Bripka Handoko, membuka pintu sel penjara demi seorang ayah yang merupakan tahanan, bisa memeluk putrinya.

Dilihat di akun Instagram @undercover.id, tahanan itu sedang dijenguk putrinya. Ayah dan anak ini berbincang dan bercanda dengan dibatasi pintu jeruji besi.

Sang ayah tampak ingin memeluk putrinya, namun kesulitan karena terhalang pintu sel penjara. Bripka Handoko yang melihat hal itu langsung membukakan pintu sel penjara.

Setelah pintu sel penjara dibuka, sang ayah langsung memeluk dan menggendong putrinya.

Dikonfirmasi, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menerangkan tindakan Bripka Handoko itu bukan suatu masalah.

"Ya nggak apa-apa. Prinsipnya tidak jadi masalah. Tentu harus tetap ada pengawasan," kata Ramadhan kepada wartawan dikutip Senin (27/3/2023).

Ramadhan menerangkan ada aturan dan tata cara jam besuk tahanan. Semua tahanan diperlakukan sama, yakni dapat dijenguk oleh keluarga atau pihak lain.

Jenderal bintang satu Polri ini menyebut aksi Handoko yang membukakan pintu sel penjara agar seorang tahanan dapat memeluk putrinya, sudah dengan pertimbangan-pertimbangan.

"Pertimbangan tersebut tentu bisa dilihat oleh anggota jaga tahanan. Bila hanya mengizinkan tahanan tersebut untuk bertemu putrinya dan diyakini tahanan tersebut tidak membahayakan ataupun tidak melarikan diri, ya tidak apa-apa," ucap Ramadhan.

Rekomendasi