Ganjar Gencar Temui Kiai, dari Pantura Jateng ke Ulama Daerah Tapal Kuda Jatim

| 08 May 2023 08:25
Ganjar Gencar Temui Kiai, dari Pantura Jateng ke Ulama Daerah Tapal Kuda Jatim
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo menemui sejumlah kiai di daerah Pantura, Jawa Tengah, dan daerah Tapal Kuda, Jawa Timur, sepekan ini.

Dalam acara halal bihalal, kiai di Pondok Pesantren Al Badri, Krajan, Gumuksari Jember, Jatim, Minggu (7/5/2023), mendoakan Ganjar jadi presiden.

"Mari kita berdoa pak Ganjar nanti pada waktunya dilantik jadi presiden. Dan tentu saja, pertemuan hari ini pasti membawa berkah buat kita semua," kata Pengasuh Ponpes Al Badri, KH Hafiz Habibullah dan KH Mahfudz Habibullah, dalam keterangan tertuis.

Tak hanya soal agama, para kyai se-Jatim lanjut KH Mahfudz menitipkan banyak pekerjaan untuk Ganjar saat memimpin Indonesia. Salah satunya adalah soal pertanian.

"Semoga nanti kalau beliau jadi presiden, ingat pada masyarakat kecil, khususnya para petani. Soalnya banyak yang wadul ke kita soal pupuk sulit dan harganya selangit," terangnya.

Petani Indonesia, lanjut KH Mahfudz, berharap subsidi dari pemerintah. Selain itu, mereka juga minta diperhatikan soal terjaminnya harga pasca panen agar tidak terlalu murah.

"Petani kita butuh perhatian, pak Ganjar. Berikan pupuk bersubsidi, naikkan harga jual pertanian. Kami yakin pak Ganjar sangat mampu mewujudkan itu," pungkasnya.

Merespons hal ini, Ganjar tak menyangka dapat masukan soal pertanian dari para kyai saat acara halal bihalal ulama se Jatim itu. Tapi ia senang, karena romo kyai menjadi tempat masyarakat berkeluh kesah.

"Kan biasanya kalau ke pondok pesantren, yang dibahas soal pendidikan dan lainnya. Tapi di sini, tadi yang dibahas soal pupuk," jelasnya. Menurut Ganjar, masukan soal pupuk dari para kiai Jatim memang menjadi PR yang penting segera diselesaikan.

Saat di Kebumen ketemu dengan Presiden Jokowi, Ganjar mendapat informasi bahwa beliau akan kembali menghidupkan beberapa pabrik pupuk agar kebutuhan masyarakat tercukupi.

"Tentu program pak Jokowi ini harus kita lanjutkan. Karena kita butuh program daulat pangan, ya. Jadi kecukupan pangan nasional kita mesti diyakini, harus dipenuhi dari dalam negeri," tutupnya.

Sebelum bertemu kiai di daerah Tapal Kuda Jatim, Ganjar menemui sejumlah kiai di Pantura Jateng. Antara lain KH Mustofa Bisri alias Gus Mus dan KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha di Rembang, Rabu (3/5/2023), disusul ke KH Munif Zuhri di Ponpes Giri Kusumo, Demak, Kamis (4/5/2023).

Berbeda dari ulama di Jatim, para kiai di Jateng yang ditemui Ganjar tak mengungkap pembicaraan dan dukungannya ke Ganjar dalam pilprres 202

Rekomendasi