Kronologi Dua Remaja Tewas Tenggelam di Danau Puri II Tangerang

| 09 Jun 2023 08:15
Kronologi Dua Remaja Tewas Tenggelam di Danau Puri II Tangerang
Petugas BPBD mengevakuasi korban tenggelam di Danau Puri II, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten. (Istimewa)

ERA.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang berhasil menemukan A dan P remaja yang tenggelam di Danau Puri II, Kecamatan Karang Tengah, Kamis (8/6/2023). Keduanya ditemukan dalam keadaan tewas 2 meter dari titik tenggelam setelah 3 jam pencarian. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kota Tangerang, Ghufron Falfeli mengatakan, dua penyelam diturunkan guna mencari kedua orang remaja berinisial tersebut. Ahmad berhasil ditemukan terlebih dahulu pada pukul 17.32 WIB. Tidak berselang lama, Putra berhasil ditemukan pada 17.53 WIB. 

"Kebetulan memang yang kami terima dari UPT Ciledug dan kemudian kami melakukan penyisiran di titik Danau Puri II ini. Kita juga meminta bantuan dari jajaran TNI dan Polri dan menghubungi Basarnas untuk melakukan pencarian," ujarnya saat dihubungi, Kamis (8/6/2023) malam. 

Ghufron menjelaskan, keduanya ditemukan pada radius 2 meter dari titik tenggelam. Pihaknya melalukan proses pencarian tidak mendapatkan terkendala, hanya saja kedalaman danau membuat pihaknya meminta bantuan tim Basarnas. 

"Tadi untuk pelaksaanaan kita membutuhkan waktu 3 jam untuk melakukan pencarian ini dan memang untuk medan itu terlalu dalam danaunya kita meminta bantuan basarnas. Untuk penemuan korban pertama dan kedua itu tidak jauh sekitar 2 meter dari titik awal tenggelam," ungkapnya. 

Ghufron menyebutkan, berdasarkan assessment langkah awal metode pencarian korban dengan melakukan penyisiran secara manual. "Sementara tadi dari pihak korban itu langsung dibawa kerumah duka cuma kita melakukan kordinasi kepada pihak kepolisian untuk tindakan lebih lanjut lagi," katanya. 

Sementara, Titi Fatmawati orang tua Putra Mahesa menyebutkan, setelah pulang sekolah Putra sempat makan siang di rumah. Setelah itu, ia menyusul temannya di danau tersebut. 

"Enggak tau saya juga, dia itu ama temannya. Tadi temannya itu ada yang duluan disini terus dia nyusul kesini. Iya udah pulang sekolah dari tadi, udah pulang, makan, nah dia nyusul kesini bareng temen nya," ucapnya. 

Diberikan ERA.id sebelumnya, A dan P dua orang remaja tenggelam di Danau Puri 11, Kelurahan Pondok Bahar, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten, Kamis (8/6/2023). Keduanya tenggelam usai bercanda tarik-tarikan pada pinggir danau bekas galian tersebut. 

Salah satu teman korban, Wisnu mengatakan, dirinya sempat melarang untuk bermain disektar danau tersebut. Namun keduanya malah bermain tarik-tarikan.

"Yang tenggelam ini ada dua orang. Awalnya saya sudah larang, malah makin jadi mereka. Dia main tarik tarikan, sebelum mereka main tarik tarikan sudah saya bilang jangan gitu bahaya," ujarnya di lokasi. 

Wisnu menjelaskan, tidak lama setelah meneriaki keduanya, A dan P pada saat itu tenggelam dan hanya terlihat tengah berupaya mengambil napas diatas permukaan air. 

"Yang satu engap engapan, spontan saya dari atas pohon loncat nyelametin temen saya," katanya. 

Wisnu telah berupaya untuk menolong kedua temannya. Namun dengan menarik keduanya, dirinya mengaku malah hampir ikut tenggelam. 

"Saya sudah berenang terus dapet kedua tangan mereka sudah sempet ketarik, cuma kaya ada yang narik kaki saya. Jadi bodoamat nyawa saya ilang juga gapapa, yang penting temen saya," jelasnya. 

"Saya angkat mereka berat banget, cuma pas udah diatas saya tarik keatas tangan korban makin licin. Jadi tangan mereka lepas, jadi saya cari cari lagi gada ngelem. Saya hampir tenggelem juga, langsung saya naik diubek ubek udah gada," imbuhnya. 

Rekomendasi