Pemkab Garut Perbaiki Jalan Rusak yang Dipakai Warga untuk Memancing hinga Viral

| 19 Jun 2023 09:35
Pemkab Garut Perbaiki Jalan Rusak yang Dipakai Warga untuk Memancing hinga Viral
Jalan rusak di Kecamatan Mekarmukti yang dijadikan sebagai tempat memancing ikan.

ERA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat menyiapkan Rp15 miliar untuk perbaikan jalan rusak di Kecamatan Mekarmukti yang dijadikan sebagai tempat memancing ikan.

"Ini berkaitan dengan konten yang sedang viral ya di medsos Jalan Mekarmukti, sebenarnya ini sudah masuk kepada penanganan di tahun anggaran 2023," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Luna Aviantrini, Minggu kemarin.

Ia menuturkan Dinas PUPR Garut sudah mendapatkan informasi keluhan masyarakat tentang kondisi jalan utama Kecamatan Mekarmukti yang dilaporkan rusak kemudian masyarakat menyebarkannya di medsos.

Jalan tersebut, kata dia, oleh pemerintah sudah menjadi agenda program untuk perbaikan di tahun anggaran 2023 dengan anggaran yang dialokasikan sebesar Rp15 miliar dan saat ini sudah selesai proses tender.

"Kami sudah selesai atau baru selesai proses tendernya, dan kami akan mulai melaksanakan 'field engineering' atau pengecekan lapangan, bersama-sama dengan penyedia untuk memulai pelaksanaan," katanya lagi.

Dia menjelaskan perbaikan jalan di Kecamatan Mekarmukti itu ada dua lokasi yang berhubungan dengan Jalan Bungbulang-Mekarmukti, yakni satu di ruas Jalan Cikaro-Bungbulang-Mekarmukti kemudian satu lagi Bungbulang-Cijayana-Mekarmukti.

"Yang kemarin diviralkan itu yang akan kami lakukan pelaksanaannya sebentar lagi," katanya pula.

Pihaknya saat ini harus memenuhi target program kemantapan jalan kabupaten yang perkembangannya baru mencapai 84,6 persen, atau lebih kurang 627 dari total jalan 829 kilometer dalam kondisi baik.

Tahun ini, kata dia, sedang mengupayakan tingkat kemantapan jalan lebih kurang 23 ruas jalan utama atau total sepanjang 127 kilometer dengan besaran anggaran Rp185 miliar.

"Sisanya ini dalam kondisi rusak, baik ringan maupun berat, dalam mengupayakan tingkat kemantapan jalan ini di tahun 2023," kata dia lagi.

Luna menyarankan kepada masyarakat yang mengeluhkan dan ingin melaporkan terkait jalan rusak di Kabupaten Garut dapat mengadukannya melalui medsos Instagram Dinas PUPR Garut di @puprgarutkab.official atau website https://pupr.garutkab.go.id/ dan website lapor.go.id.

Sebelumnya tersebar video aksi warga di Kecamatan Mekarmukti melakukan kegiatan memancing ikan dan menanam tanaman di tengah jalan sebagai bentuk protes kepada pemerintah terkait belum diperbaikinya jalan rusak.

Dalam video itu tampak sejumlah pemuda yang membawa alat pancing, kemudian memancing ikan di salah satu air kubangan di tengah jalan. Selain itu, ada juga tanaman yang ditanam di jalan berlubang.

Rekomendasi