Pergi ke Amerika Serikat, Gibran Cuti Dua Pekan

| 07 Sep 2023 19:35
Pergi ke Amerika Serikat, Gibran Cuti Dua Pekan
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajukan cuti selama sepekan ke depan. Cuti tersebut diajukan Gibran karena ia melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani mengatakan Gibran mulai cuti hari ini, Kamis (7/9/2023). Cuti tersebut diajukan terkait kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat.

"Kalau nggak salah mulai kemarin atau hari ini saya nggak hafal. Cutinya sampai tanggal 14 September atau 16 September," kata Ahyani saat ditemui Kamis (7/9/2023).

Gibran  masih berkantor di Balai Kota Solo pada Rabu (6/9). Ia masih berkantor sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 09.30 WIB dan kemudian meninggalkan kantor hingga sore.

Terkait keberangkatan ke Amerika Serikat, Gibran bersama istrinya Selvi Ananda. Selvi yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solo ini mendampingi Gibran. Namun dipastikan tidak ada staf atau organisasi perangkat daerah (OPD) yang turut dalam kunjungan tersebut.

"Saya kurang tahu, tapi kayaknya nggak ada OPD yang ikut. Saya juga nggak memberikan surat tugas (pada OPD)," ujarnya.

Gibran pergi ke Amerika Serikat untuk memenuhi undangan dari KJRI New York. Undangan tersebut diajukan oleh  utusan KJRI New York yang bertemu dengan Gibran di Balai Kota Solo sekitar dua bulan lalu. Keberangkatan ayah Jan Ethes Sri Narendra dan La Lembah Manah ini dengan tujuan untuk mempromosikan kota Solo.

"Ya dalam rangka itu (promosi kota Solo). Penjajakan dulu. Usulannya sudah lama sebenarnya, sudah hampir setengah tahun lalu, setelah dari Paris," katanya.

Selama Gibran kunjungan kerja ke Amerika Serikat, jabatan Wali kota Solo diisi oleh Pelaksana Harian (Plh). Saat ini yang ditunjuk sebagai Plh Wali Kota yakni Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

"Iya, Pak Teguh jadi Plh mulai hari ini sampai beliau kembali pulang," katanya.

Rekomendasi