Kaget Ada Tamu Tewas, Gus Samsudin Kini Ngaku Tidak Ada Pengobatan Tradisonal di Pondoknya

| 16 Dec 2023 07:37
Kaget Ada Tamu Tewas, Gus Samsudin Kini Ngaku Tidak Ada Pengobatan Tradisonal di Pondoknya
Gus Samsudin (Antara)

ERA.id - Samsudin Jadab alias Gus Samsudin mengaku tidak adanya pengobatan tradisional di Pondok Nuswantoro miliknya yang berada Desa Rejowinangun, Kedemangan, Blitar, Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blitar dr Christine Indrawati mengaku pihaknya telah bertemu langsung dengan pemilik Pondok yakni Gus Samsudin.

"Yang ke lokasi bersama Bangkesbangpol, kemudian bisa diterima dan ketemu langsung dengan Pak Samsudin. Kalau dari teman-teman, Pak Samsudin menyatakan bahwa tidak melakuakan pengobatan tradisional,"kata Christine, saat dihubungi awak media, Jumat (15/12/2023).

Christine menjelaskan bahwa Gus Samsudin sendiri mengaku tidak adanya istilah pasien di pondoknya tersebut. Namun, mereka hanya memberi nasehat konseling.

"Yang bertamu ke pondok mereka itu dia memberikan nasihat, memberikan semacam konseling tanpa pengibatan apapun, itu yang dikatakan pak Samsudin,"ujarnya.

Ia menyampaikan Gus Samsudin sendiri mengaku juga kaget bahwa ada tamunya yang meninggal di Pondok miliknya itu. Padahal, mereka tidak sama sekali memberi pengobatan.

"Mereka tidak memberikan pengobatan apa-apa, mungkin Pak Samsudin juga merasa (heran) kok ada yang meninggal ya. Jadi Pak samsudin merasa tidak melakukan tindakan apapun selain konsultasi dan konseling,"jelasnya.

Lebih lanjut Christine menegaskan pondok Gus Samsudin itu sudah dicabut perizinannnya. Ia pun menyebut Pondoknya itu sudah tidak mengajukan izin kembali sejak viralnya Gus Samsudin dengan Pesulap Merah.

"Sejak satu tengah tahun lalu saat ramai-ramai dengan Pesulap Merah. Setahu saya kok tidak mengajukan izin atas nama Pak Samsudin lagi

Artinya kalau tidak mengajukan izin kagi kan ilegal,"pungkasnya.

Rekomendasi