Enam Anggota Keluarga di Lebak Lumpuh, Kemensos Bawa ke RSCM

| 15 Jan 2024 20:00
Enam Anggota Keluarga di Lebak Lumpuh, Kemensos Bawa ke RSCM
Enam anggota keluarga yang mengalami kelumpuhan warga Kabupaten Lebak dirujuk ke RSCM Jakarta.ANTARA/Mansur

ERA.id - Enam anggota keluarga yang mengalami kelumpuhan di Kabupaten Lebak, Banten, kini dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM ) Jakarta untuk perawatan.

Keenam anggota keluarga warga Cihuni Kecamatan Cikulur itu terdiri dari Elas (55), Edi (25), Misto (50), Maman Abdulrahman (37), Sumantri (45) dan Rohmat (35).

"Kita menerima laporan keenam anggota keluarga yang mengalami kelumpuhan itu dibawa oleh petugas Kementerian Sosial ke RSCM Jakarta," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Cikulur Kabupaten Lebak Saepul di Lebak, Senin (15/1/2023) dikutip dari Antara.

Keenam orang itu disebut mengalami kelumpuhan selama puluhan tahun dan terakhir tiga tahun belakangan. Saepul berharap mereka kembali sembuh dan bisa beraktivitas.

Selama ini, ucapnya, kondisi kelumpuhan mereka cukup parah dan kesulitan untuk bergerak serta berjalan.

"Kami merasa senang keenam anggota keluarga yang mengalami kelumpuhan dirujuk ke RSCM Jakarta dan dilayani secara gratis, karena mereka memiliki BPJS Kesehatan bantuan pemerintah," kata Saepul.

Selain itu pihaknya juga tetap akan mengawasi dan melakukan pemantauan kesehatan terhadap enam anggota keluarga setelah menjalani pengobatan di RSCM Jakarta.

"Kami sebelumnya juga memberikan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan terhadap keenam anggota keluarga itu," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Erni (45) Ketua RT02/RW09 Kampung Cihuni mengatakan pihaknya merasa lega setelah warganya yang mengalami kelumpuhan itu dirujuk ke RSCM Jakarta. 

"Kami berharap mereka kembali sembuh dan bisa menjalani kehidupan normal," ujar Erni.

Rekomendasi