Ganjar-Mahfud Kalahkan AMIN dan Prabowo-Gibran di TPS Tempat Mahfud Nyoblos

| 14 Feb 2024 17:40
Ganjar-Mahfud Kalahkan AMIN dan Prabowo-Gibran di TPS Tempat Mahfud Nyoblos
Cawapres Mahfud MD mencoblos di TPS 106 Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok, Sleman. (Wawan H/ERA)

ERA.id - Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menang di tempat pemungutan suara (TPS) tempat Mahfud memberikan suaranya dengan raihan 127 suara.

Mahfud menggunakan hak pilih di TPS 106, RW 53, Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, Rabu (14/2) pagi.

Ketua KPPS 106, Dias Prasetyo, menjelaskan TPS tersebut memiliki DPT 274 orang. "Setelah perhitungan, ada 260 surat suara yang masuk ke kotak suara pilpres," ujarnya.

Sebanyak 260 suara ini berasal dari 235 pemilih yang terdaftar di DPT, 15 pemilih tambahan, dan 10 pemilih khusus.

"Pemilih di DPT sudah kami undang sesuai prosedur. Mungkin mereka tidak hadir dan tidak menggunakan hak pilihnya karena di luar kota," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari jumlah 260 suara itu, sebanyak 256 surat suara dinyatakan sah dan empat suara tidak sah.Empat suara ini tidak sah karena dicoblos lebih dari satu kali, ada yang tidak dicoblos, dan ada surat yang sobek.

Dalam perhitungan yang berlangsung satu jam yakni pukul 14.00 - 15.00 WIB, hasilnya pasangan Ganjar- Mahfud unggul. "Anies-Muhaimin memperoleh 59 suara, Prabowo-Gibran mendapat 70 suara dan Ganjar-Mahfud 127 suara," kata Dias.

Sebelumnya Mahfud mencoblos didampingi istri Zaizatun Nihayati dan putranya Royhan Akbar jam 08.00. Ia menyatakan sebelum ke TPS sempat sarapan dengan menu gudeg.

Mahfud menjelaskan pelaksanaan pemilu di TPS 106 di dekat rumahnya telah berjalan dengan baik. 

"Mudah-mudahan di seluruh Indonesia berjalan tertib dan baik seperti di TPS ini. Kalau semua TPS seperti ini, pemilu tidak akan menimbulkan sengketa dan baik-baik saja," tuturnya usai mencoblos.

Rekomendasi