Jokowi Tegaskan Penutupan Tanggul Jebol di Kabupaten Demak Selesai Hari Ini

| 22 Mar 2024 10:15
Jokowi Tegaskan Penutupan Tanggul Jebol di Kabupaten Demak Selesai Hari Ini
Presiden Joko Widodo. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses penutupan tanggul Sungai Wulan di Dukuh Norowito, Desa Ngemplik Wetan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), rampung paling lambat pada besok 22 Maret 2024.

"Tadi saya tanya ke Menteri PU (Pekerjaan Umum) yang jebol sudah dikerjain. Kita harapkan dalam malam ini atau besok sudah bisa nutup," kata Presiden Jokowi usai menyaksikan pertandingan sepak bola di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Kamis malam (20/3/2024).

Ia mengatakan posisi tanggul yang jebol memicu limpahan air dalam debit yang sangat besar dan telah memicu banjir di sejumlah kawasan setempat.

"Memang airnya melimpah sangat besar sekali," ucap Presiden Jokowi.

Saat ditanya terkait rencana dirinya untuk meninjau lokasi banjir, Presiden Jokowi hanya mengangguk.

Ia mengatakan banjir yang mengakibatkan sekitar 24.436 warga Kabupaten Demak mengungsi itu telah direspons secara cepat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama pihak terkait.

Presiden Jokowi menyebut kejadian tanggul jebol itu merupakan kali kedua terjadi setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berhasil menangani penutupan kebocoran tanggul yang pertama.

"Waktu yang pertama Kementerian PUPR juga langsung, detik itu juga mengerjakan selama tiga hari penuh, kemudian tertutup, kemudian jebol yang kedua," kata Presiden Jokowi.

Khusus kejadian kali kedua tanggul jebol itu, Presiden Jokowi menyebut proses penanganannya dilakukan siang hingga malam agar segera tertutup.

"Memang hujannya, intensitasnya, sangat tinggi sekali," kata Presiden Jokowi. (Ant)

Rekomendasi