Tak Sebar Kupon Untuk Bagikan Daging Kurban, Masjid Al-Akbar Surabaya Beri Alasan

| 16 Jun 2024 21:28
Tak Sebar Kupon Untuk Bagikan Daging Kurban, Masjid Al-Akbar Surabaya Beri Alasan
Sekretaris Badan Pelaksana dan Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) Helmy M Noor. (ERA/Puan Ramadhan).

ERA.id - Pendistribusian hasil pemotongan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1445 di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya tidak menyebar kupon untuk membagikan daging ke masyarakat.

Sekretaris Badan Pelaksana dan Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) Helmy M Noor mengatakan pihaknya tidak mengundang orang untuk memberikan hasil pemotongan daging kurban. Melainkan akan membagikannya ke masyarakat sekitar di kawasan Masjid Al Akbar.

“Al-Akbar tidak bagi kupon, kita sudah koordinasi dengan kelurahan di sekitar Masjid Al-Akbar. Ada Kelurahan Mananggal dan Keluragan Pagesangan. Sesuai data kabin yang sudah diverifikasi oleh RW dan RT setempat,” kata Helmy, kepada awak media, Minggu (16/6/2024).

Helmy menyebut jumlah hewan kurban sementara masih sebanyak 26 ekor sapi dan 40 ekor kambing. Tetapi, kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah hingga malam takbiran, Minggu, Idul Adha 1445 Hijriah.

“Sampai pukul semalam adalah 26 Sapi dan Kambing sudah hampir 40an. Nanti malam masih bisa melayani penyaluran hewan kurban. Jadi terus bertambah artinya sampai pemotongan H+1. Biasanya jemaah baru nanti malam terakhir baru bisa,” ujarnya.

Ia pun menyebut jumlah hewan kurban diprediksi tahun 2024 ini akan bertambah dibanding tahun sebelumnya 2023. Tahun ini, kata dia, kebanyakan hewannya berbobot lebih besar dari tahun lalu.

“Biasanya malam idul adha baru akan ketahuan berapa jumlah perolehan hewan kurban sapi maupun kambing,” ucapnya.

Sisi lain, Helmy menambahkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan tempat salat jemaah Idul Adha. Mulai lantai satu, lantai dua, hingga halamam luar di Masjid Al-Alkbar.

“Kita kapasitas 40 ribu jemaah kita sudah siapkan secara matang. Karena trennya orang salat id adha itu jauh lebih banyak ketimbang salat Id Fitri,” terangnya.

“Karena itu lantai satu, lantai dua kita siapkan semua. Termasuk 712 kran air wudhu. Termasuk di dalam maupun di luar kita siapkan. Medis kita siapkan dari RSUD Dr Soetomo, PMI semuanya kita all out untuk melayani jemaah agar mereka nyaman di Alkbar Surabaya,” tambahnya.

Rekomendasi