Respons Pemkot Serang Usai Dianggap Cari Muka oleh Rizki Atlet Peraih Emas Olimpiade

| 19 Aug 2024 13:55
Respons Pemkot Serang Usai Dianggap Cari Muka oleh Rizki Atlet Peraih Emas Olimpiade
Rizki Juniansyah, atlet angkat besi peraih medali emas di Olimpiade Paris. (Antara)

ERA.id - Peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg, Rizki Juniansyah, menyindir pemerintah daerahnya.

Kata Rizki, banyak pejabat pemda yang mencari muka saat ia sampai ke Tanah Air membawa medali emas olimpiade yang tentunya diimpikan banyak negara.

"Ketika datang ke Indonesia, baru kita disambut, dan mereka apa ya, mencari muka gitu istilahnya. Maaf-maaf ya bukan mau menjelekkan seperti apa, tapi memang kenyataannya seperti ini," kata Rizki usai diarak keliling Kota Serang, Rabu (14/8/2024) silam.

Rizki merasa aneh sebab sebelum dia berangkat ke Paris, Perancis, pemerintah tak memberi bantuan material maupun moral. Dia hanya diberi sangu oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Serang.

Sampai dia menginjakkan kaki lagi di Indonesia, bonus pun belum didapat, baik itu dari Pemkot Serang maupun Pemprov Banten.

"Alhamdulillah belum ada, ya kita maklumi saja ya. Pemerintah Banten ini belum sama sekali ada apresiasi. Saya juga nggak tahu itu kenapa," ujarnya.

Rizki menilai penghargaan dan perhatian dari pemerintah penting untuk membuat atlet semangat.

"Ya, dukungannya (pemda) seadanya, bukan mau menjelekkan atau apa. Tapi memang jujurnya seperti itu kan. Saya memang tidak butuh yang harus dikasih ini, dikasih ini kan, apresiasi. Saya cuma butuh dikasih suport dan doa. itu saja udah seneng," tegas dia.

Berselang beberapa hari, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten, langsung merespons dan berjanji akan menggelontorkan dana dari anggaran perubahan.

"Terkait dengan bonus harus dianggarkan terlebih dulu. Kami sampai saat ini belum menganggarkan, mungkin Insya Allah di anggaran perubahan ini. akan diupayakan berkoordinasi dengan teman-teman Dewan (DPRD Serang)," kata Penjabat Wali Kota Serang Yedi Rahmat, di Serang, Senin (19/8/2024).

Saat ini Rizki Juniansyah telah mendapatkan bonus dari pemerintah pusat. Yedi berharap bonus tersebut dapat memotivasi Rizki Juniansyah, sehingga ke depan terus meningkatkan prestasinya.

"Karena pada saat penyambutan di Bandara, saya juga hadir langsung dan mendengar langsung bahwa bonus itu dari pemerintah pusat sebesar Rp6 miliar. Kita doakan agar beliau berprestasi terus," katanya.

Sebelumnya, kepulangan Rizki Juniansyah disambut meriah oleh warga Kota Serang dengan melakukan arak-arakan keliling Kota Serang, yang didampingi langsung oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Pj Wali Kota Serang Yedi Rahmat.

Atlet asal Kota Serang itu berhasil menang dengan total angkatan besi 354 kg dengan rincian angkatan 155 kg untuk Snatch, serta 199 kg untuk Clean and Jerk, pada Jumat (16/7) dini hari.

Selain medali emas, Rizki sekaligus memecahkan rekor Olimpiade pada angkatan Clean and Jerk Men's 73 kg, yang sebelumnya dipegang oleh pesaingnya asal Tiongkok, Shi Zhiyong dengan catatan 198 kg.

Rekomendasi