Rizki Juniansyah Ungkap Makanan yang Wajib Disantap Sebelum Tanding Olimpiade Paris 2024

| 28 Aug 2024 21:12
Rizki Juniansyah Ungkap Makanan yang Wajib Disantap Sebelum Tanding Olimpiade Paris 2024
Rizki Juniansyah ungkap makanan favorit sebelum tanding (Era/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Atlet angkat besi Indonesia, Rizki Juniansyah membongkar makanan yang wajib disantap sebelum memulai tanding Olimpiade Paris 2024. Bahkan, ibunya datang langsung ke Paris untuk membawakan makanan kesukaan putra tercintanya.

Yeni Rohaeni Durachim, ibu Rizki, datang ke Paris bersama sang kakak, Riska Anjani Yasin. Ada pun ayah Rizki, Muhammad Yasin, dari awal menemani. Sebab, Muhammad Yasin menjadi pelatih Rizki di pelatihan nasional.

Sebelum tanding, sang ibu memberikan makanan kesukaan Rizki Juniansyah. Sang ibu yang memasaknya secara langsung. Rizki mengaku senang sang ibu membawakan sejumlah makanan kesukaannya.

"Kemarin di Olimpade di bawa ibu itu rendang, ayam suwir, bakso, sambal goreng kentang," ujar Rizki dalam acara 'Meet & Greet Team Visa Athlete Rizki Juniansyah', saat ditemui di kawasan Petojo Selatan, Jakarta Pusat pada Rabu (28/8/2024).

Rizki Juniansyah mengaku kedatangan sang ibu sekaligus membawakan makanan kesukaannya membuatnya menjadi bersemangat untuk tanding di Olimpiade Paris 2024. 

"Alhamdulillah menjadi power buat aku bertanding ya," beber Rizki. 

Atlet berusia 21 tahun ini mengenang momen saat ibunya sering memasak makanan kesukaannya.

"Aku kan tinggal di mess. Setiap aku pulang ke rumah, mama masakin banyak banget makanan kesukaanku," ucapnya.

"Aku kalau makan nasi sedikit, cuma kalau makan dagingnya banyak. Sayurnya ada sayur capcay, tauge. Setiap aku pulang, mama masaknya banyak banget itu," lanjutnya.

Diketahui, Rizki Juniansyah berhasil meraih medali emas dari cabang olahraga angkat besi Olimpiade Paris 2024. Selain berhasil menyabet medali emas, Rizki juga berhasil memecahkan beberapa rekor.

Total angkatan Rizki adalah 354 kg, dengan rincian 155 kilogram snatch dan 199 kilogram clean & jerk. Hasil ini membuat Rizki memecahkan rekor Olimpiade untuk angkatan clean & jerk.

Rekor kedua yang dipecahkan Rizki Juniansyah adalah medali emas pertama untuk cabang olahraga angkat besi. Sepanjang keikutsertaan Indonesia di ajang olimpiade, cabang olahraga angkat besi baru berhasil meraih 7 perak dan 8 perunggu.

Rekor ketiga diraih Rizki adalah peraih medali emas termuda Indonesia. Ia memecahkan rekor Susy Susanti saat meraih emas Olimpiade Barcelona 1992. Pada debutnya di World Championship 2022, Rizki berhasil meraih medali perak dan emas

Rekomendasi