Ngeluh Sakit Perut, Belasan Siswa SD di Blitar Keracunan Usai Makan Jeli dari Pedagang Keliling

| 20 Oct 2024 07:04
Ngeluh Sakit Perut, Belasan Siswa SD di Blitar Keracunan Usai Makan Jeli dari Pedagang Keliling
Lokasi sekolah belasan siswa SDN di Blitar yang mengalami keracunan. (Dok. Istimewa)

ERA.id - Belasan siswa mengalami keracunan usai memakan jajanan jeli dari pedagang di sekitar SD Bagelanan 02, Srengat, Blitar, Jawa Timur. Mereka merasakan sakit perut hingga sempat menjalani perawatan di Puskesmas. Pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan telah mengamankan sisa jeli yang dimakan siswa untuk diuji.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Danang Setiyo Pambudi Sukarno mengatakan sebanyak 16 orang siswa yang terdampak keracunan jeli yang dijual pedagang keliling.

AKBP Danang menjelaskan, awalnya satu siswa membeli satu kemasan jeli berisi 10 buah dan dimakan bersama teman-temannya. Selang satu jam kemudian mereka mulai mengeluh sakit perut.

“Setelah memakan jeli satu jam kemudian mereka merasa sakit perut," kata AKBP Danang, kepada awak media, Sabtu (19/10/2024).

Pihak sekolah kemudian melakukan pertolongan pertama dengan memberi minyak kayu putih ke siswa. Mereka lalu membawa ke Puskesmas setempat untuk mendapat perawatan.

"Ada satu siswa yang harus dirujuk ke RSUD Srengat, lainnya di Puskesmas dan saat ini sudah membaik," tuturnya.

Saat ini, kata dia, kepolisian mengamankan sisa makanan jeli yang dikonsumsi siswa. Selain itu mereka juga meminta keterangan penjual keliling makanan tersebut.

“Kita akan lakukan uji lab terhadap jeli tersebut, perkembangan lebih lanjut akan kita infokan lebih lanjut," pungkasnya.

Rekomendasi