Viral Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat, MUI Turun Tangan

| 05 Jan 2021 12:04
Viral Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat, MUI Turun Tangan
Tangkapan Layar

ERA.id - Sebuah video amatir beredar di media sosial memperlihatkan sekelompok warga di Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Bandung Barat (KBB) mendeklarasikan pembentukan Tentara Allah.

Dalam video tersebut, seorang pemimpin di barisan paling depan kelompok tersebut yang bernama Erwan Sa'ad mengawali deklarasi dengan mengucapkan dua kalimat syahadat dan diikuti oleh pengikutnya yang ada dibelakangnya.

Deklarasi tersebut menyuarakan bahwa pada hari Jumat 1 januari 2021 di Masjid Allah Sawah, Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, KBB dibentuk suatu jemaah yang diberi nama Jundullah atau tentara Allah dengan penanggungjawab Erwan Sa'and.

Untuk bersama-sama Insya Allah berjuang membuktikan Al Quran surat ke 42 ayat 13 dan Al Quran surat ke 47 ayat ke 7 dengan semua komponen kaum muslimin dimana pun mereka berada.

Saat dikonfirmasi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KBB, Muhammad Ridwan mengatakan akan memantau keberadaan kelompok Tentara Allah yang dipimpn oleh Erwan Sa'ad itu.

"Kami akan lakukan pengecekan terlebih dahulu, karena kami belum mengetahui informasi secara detail tentang keberadaan kelompok pasukan Allah yang ada di wilayah KBB, jadi kami belum menentukan apakah kelompok tersebut memiliki misi yang menyimpang atau tidak," jelas Ridwan kepada ERA.id, Selasa (5/1/2021).

Ridwan juga menambahkan, jika kelompok tersebut berpotensi bisa meresahkan, maka MUI Kabupaten Bandung akan segera melarang dan melakukan tindakan tegas.

"Yang namanya membuat sebuah gerakan, tentu harus memiliki misi baik, tidak meresahkan warga apalagi menyimpang, seperti penggunaan atribut yang tidak sesuai dengan sunnah dan Al-Qur'an, jika dilihat ada yang mencurigakan tentu kami wajib melarang kelompok tersebut tersebar lebih jauh," ucap Ridwan.

Rekomendasi