Heboh Kehamilan Aneh di Cianjur, Ternyata Ini Fakta Medisnya

Tim Editor

Siti Zainah

ERA.id - Siti Zainah (25), warga Cianjur Jawa Barat yang sebelumnya bikin heboh karena mengaku hamil tanpa pernah berhubungan seks, kini ditemukan jawabannya.

Namun sebelum membahas itu, kasusnya harus diurai terlebih dahulu. Pertama, Siti Zainah menyebut dirinya hamil dan melahirkan tiba-tiba. Ia hanya merasa hamil selama 1 jam. Perutnya pun tidak buncit, serta haid masih berlangsung normal. Tiba-tiba Siti Zainah merasa ada suara angin yang masuk ke dalam rahimnya.

Dari sana, perut Siti Zainah membuncit. Sejam kemudian, wanita yang tinggal di Kabupaten Cianjur itu melahirkan bayi perempuan. Sang bayi perempuan memiliki berat 2,9 kg.

"Kalau proses haid saya normal sebulan sekali. Beberapa jam sebelum melahirkan, perasaan saya merasa ada yang masuk ke dalam rahim saya dan terasa sakit. Setelah itu selama 15 menit perut saya tiba tiba buncit dan membesar selang dua menit perut saya kembali rata dan besar lagi. Terus akhirnya perut saya merasakan mules dan langsung melahirkan bayi berjenis perempuan," kata Siti Zainah, dilansir dari TribunJabar.

Setelahnya, janda anak 1 ini hanya bisa bersyukur. "Makanya saya kaget tiba-tiba perut saya bisa langsung hamil dan melahirkan bayi. Jujur saja hingga sekarang ini saya masih merasa kaget. Mungkin ini sudah takdir dari Allah SWT. Yang terpenting saya dan dedek bayi sehat," katanya.

Lalu bagaimana fenomena yang dialami Siti Zainah dibedah ilmu kesehatan dan jawaban dari opini yang menghebohkan itu? Kepala Puskemas Cidaun, Eman Sulaeman menanggapi. "Dalam dunia medis ada yang disebut cryptic pregnancy atau hamil samar, di mana si ibu tidak menyadari dirinya sedang hamil dan baru tahu setelah tiba waktunya melahirkan. Jadi ini merupakan hal yang sudah biasa terjadi walaupun kasusnya tidak banyak," katanya.

Kehamilan tersembunyi itu bisa disebabkan dari bentuk organ tubuh, sehingga riwayat KB. "Kalau menurut saya ini proses kehamilan yang normal, namun tidak terlihat. Munculnya saat proses persalinan," katanya.

Soal opini heboh yang muncul, itu wajar, karena secara awam warga tidak paham ilmu medis secara spesifik. "Setelah saya cek ke lokasi bersama sama Kapolsek dan Pak Camat, keadaan ibu dan bayinya dalam keadaan sehat dan proses kelahirannya normal.

Usai Siti Zainah melahirkan bayinya, polisi langsung turun tangan mencari siapa ayah kandung bayi yang dilahirkan Siti Zainah. Kapolsek Cidaun AKP Sumardi mengaku pihaknya telah menggali sejumlah fakta.

Ditemukan fakta bahwa Siti Zainah sudah pernah menikah dengan seorang pria. Mereka dikaruniai 1 orang anak. 4 bulan lalu ia cerai dengan suaminya, orang Cianjur juga. "Intinya kami ingin meluruskan kabar simpang siur soal perempuan hamil dan sudah melahirkan yang dianggap tidak wajar. Kami tak ingin ini menjadi opini liar publik," tandasnya.

Sementara Camat Cidaun, Kabupaten Cianjur Herlan Iskandar berharap pihak keluarga Siti bisa menerima anugerah seorang bayi dan dirawat dengan baik. "Apapun itu saya rasa kelahiran bayi adalah anugerah, jadi saya berharap keluarga Siti bisa menerima dan merawat bayi tersebut dengan baik," katanya.

Vagina mengeluarkan angin

Dalam dunia medis juga dikenali fenomena kentut vagina yakni queefing. Bagaimana penjelasannya? Sebenarnya itu hanyalah udara yang dilepaskan dari saluran vagina. Jadi vagina bisa juga menyimpan udara.

Queefing disebabkan angin yang terperangkap di dalam vagina, dan bukan karena perut kembung. Udara bisa ada dalam vagina karena beberapa cara. Dilansir The Sun, Minggu (25/2/2018), berikut penjelasannya.

Seks

Saat berhubungan intim, sangat mudah udara terjebak dalam vagina. Itu karena vagina mengembang dan berkontraksi, hingga udara bisa masuk. Setiap kali sesuatu masuk ke sana, ia mendorong udara lebih jauh ke atas. Jadi saat seks usai, akhirnya angin akan keluar disertai dengan suara kentut.

Masalah dasar panggul

Udara yang terperangkap bisa menjadi pertanda adanya masalah di panggul. Beberapa kondisi, seperti inkontinensia dan prolaps, telah dikaitkan dengan gas di vagina. Itulah mengapa sangat penting untuk melakukan latihan dasar panggul seperti kegel.

Tampon

Apa pun yang dimasukkan ke dalam vagina dapat menyebabkan udara terperangkap-dan itu termasuk produk kebersihan wanita. Jadi angin vagina sangat mungkin bila perempuan menggunakan tampon.

Otot tegang

Jika otot dasar panggul tegang, mereka bisa menahan udara di bawah sana. Otot bisa menjadi tegang karena stres, seks, menahan pipis, dan bahkan ketika tes smear. Bila ini terjadi, udara bisa ditarik lebih jauh saat otot berkontraksi.

Tag: viral yang unik hamil ibu hamil hamil angin di cianjur cianjur

Bagikan: