16 Ribu Pedagang di Solo Bakal Dapat Vaksinasi

| 22 Feb 2021 18:19
16 Ribu Pedagang di Solo Bakal Dapat Vaksinasi
Pasar Gede Solo (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Pemkot Solo akan melakukan vaksinasi pada pedagang Pasar Tradisional. Pasar Gede Harjonagoro dan Pasar Klewer akan menjadi sasaran vaksinasi pada para pedagang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi mengatakan pihaknya telah melakukan pendataan pada seluruh pedagang di pasar. Namun saat ini ada dua pasar yang diutamakan untuk menjadi sasaran prioritas vaksinasi.

”Kami melakukan pendataan pada 44 pasar di kota Solo. Tapi untuk vaksinasinya diutamakan Pasar Gede dan Pasar Klewer dulu,” kata Heru saat dihubungi, Senin (22/2/2021).

Dari pendataan yang dilakukan Dinas Perdagangan, pedagang Pasar Gede berjumlah 567 dan pedagang pasar Klewer 1.661 orang. Pendataan yang dilakukannya mencakup seluruh pasar.

Namun, ia tak  tahu lebih lanjut apakah nantinya vaksinasi ini menyasar pada seluruh pedagang atau tidak. Namun hingga saat ini, data yang dipegang oleh Dinas Perdagangan, ada sebanyak 16 ribu pedagang pasar tradisional yang ada di kota Solo.

”Totalnya ada 16 ribu pedagang yang berada di kios maupun pedagang pelataran. Tapi kami belum bisa menguncinya,” katanya.

Vaksinasi ini rencananya hanya menyasar pada para pedagang saja. Sedangkan warga lainnya yang beraktivitas di pasar tradisional belum masuk dalam pendataan.

”Ya pedagang saja, kalau karyawan tidak. Tapi misalnya yang punya jarang ke pasar ya idealnya digantikan yang tiap harinya beraktivitas di pasar, misalnya anaknya atau siapanya,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih mengatakan pedagang pasar tradisional dan lansia akan menjadi salah satu kelompok prioritas yang divaksin. Pertimbangannya yakni karena pasar tradisional merupakan pusat keramaian, sedangkan lansia merupakan kelompok rentan.

”Instruksi presiden mengatakan jika pedagang menjadi salah satu prioritas,” katanya.

Rekomendasi