Gebrakan Bobby Nasution Menantu Jokowi Ubah Kawasan Kesawan Jadi Pusat UMKM

Tim Editor

Bobby Afif Nasution (Muchlis/era.id)

ERA.id - Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution melakukan sejumlah gebrakan perdana di Kota Medan. Salah satunya menjadikan kawasan cagar budaya Kesawan sebagai pusat kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu diungkapkan menantu Presiden Joko Widodo saat perayaan HUT Damkar Nasional ke-102 tahun di Lapangan Merdeka Medan, Senin (1/3/2021).

"Konsepnya nanti itu tempat wisata untuk menunjang perekonomian kita di masa pandemi dalam rangka pemulihan ekonomi terkhususnya untuk UMKM. Nanti akan kita peruntukkan bagi teman-teman UMKM," kata Bobby Nasution.

Kata dia, kawasan kesawan sebagai cagar budaya harus dikelola dan dijaga kelestariannya. Bobby telah meninjau langsung kondisi bangunan peninggalan penjajahan Belanda itu. 

Bobby menargetkan percepatan penataan kawasan Kesawan akan dilakukan tahun ini. Beberapa lokasi yang akan dilakukan percepatan yakni Pajak Ikan Lama dan Taman Ahmad Yani.

"Itu kan banyak sudah kita lihat bentuk-bentuknya yang selama ini harusnya kita pertahankan, sudah banyak berubah dan ini kita akan kembalikan lagi. Benar-benar sebagai cagar budaya. Bangunan lama itu heritage kita kembalikan lagi," ungkapnya.

Suami Kahiyang Ayu itu juga menyadari bahwa ada banyak persoalan di kawasan Kesawan. Diantaranya adalah kepemilikan bangunan cagar budaya oleh perorangan.

Oleh sebab itu, Pemko Medan telah melakukan komunikasi dengan masyarakat pemilik bangunan bersejarah itu untuk dilakukan pemugaran.

"Pemerintah kota Medan ini gak bisa sendiri. Kita pemerintah kota Medan mohon dibantu sama masyarakat. Kolaborasi lah, kita gak bisa maksa mayarakat tapi kita ajak, kita edukasi. Nanti kita perbaiki bangunannya baru kita masukkan UMKM," pungkasnya.

 

Tag: Bobby nasution Wali Kota Medan Bobby Nasution Bobby Afif Nasution

Bagikan: