Ikuti Jejak Ahok, Gibran Bakal Terima Aduan Warga di Balai Kota

| 05 Mar 2021 22:12
Ikuti Jejak Ahok, Gibran Bakal Terima Aduan Warga di Balai Kota
Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berjanji akan langsung menyerap aspirasi dan keluhan warga.

Hal ini disampaikan oleh Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (4/3). Gibran juga membuka peluang agar masyarakat Kota Solo bisa langsung mengadukan persoalan padanya melalui sosial media yang ada.

"Silakan mungkin ada misalnya aspal yang berlubang atau ada genangan air difoto saja, tulis alamatnya di mana nanti akan segera kami follow up [tindaklanjut]. Atau juga warga bisa datang langsung ke Balai Kota. nanti mungkin kalau saya sedang rapat atau sedang menerima tamu, nanti sudah ada tim sendiri yang khusus mencatat dan menerima keluhan-keluhan. Jadi kami pengen benar-benar semuanya fast respons. Sehingga tidak ada jarak antara saya dan warga itu saja,” kata Gibran

Ia memfasilitasi layanan aduan melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, Instagram atau bisa juga bertemu langsung di Balai Kota.

Gibran juga membentuk tim khusus untuk menampung aduan dari masyarakat. Tim ini akan menampung seluruh aduan masyarakat yang nantinya bisa diteruskan ke dinas terkait untuk diselesaikan permasalahannya.

"Kalau tidak bisa baru ke tim saya. Saya sudah briefing agar semua aduan masyarakat bisa dicatat lalu nanti diteruskan pada dinas terkait," ucap Gibran.

Nomor WhatsApp yang disediakan Gibran yakni melalui 081225067171 atau akun Instagram @gibran_rakabuming.

Ia juga mendorong seluruh stafnya termasuk kepala dinas untuk mengaktifkan akun sosial media. Sehingga masyarakat juga bisa mengadukan persoalannya langsung ke dinas yang bersangkutan.

"Saya sudah mendorong (punya sosmed). Kalau Solo ini kan paling krusial PU (Dinas Pekerjaan Umum)," katanya.

Langkah serupa pernah dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat menjadi Gubernur, Ahok rajin menemui warga yang ingin mengadu dan mengeluh.

Warga rela mengantre di pendopo Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Mereka ada yang ingin mengadu pada Ahok dan ada juga yang hanya ingin berfoto.

Rekomendasi