Wali Kota Solo Gibran Berduka, Habib Dermawan Pendukungnya di Pilkada Meninggal

| 12 Mar 2021 19:25
Wali Kota Solo Gibran Berduka, Habib Dermawan Pendukungnya di Pilkada Meninggal
Habib Hasan Mulachela meninggal saat memberikan edukasi prokes ke warga di Kampung Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (31/12/2020). (Foto: Istimewa)

ERA.id - Politikus senior DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Hasan Mulachela meninggal pada Jumat (12/3/2021). Pria yang belakangan aktif mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ini dikabarkan meninggal di Jakarta akibat sakit jantung.

Sahabat Hasan, M Sahil Alhasni mengatakan keduanya sama-sama sebagai anggota DPRD Kota Solo periode 1999-2004. Hasan merupakan politikus dari PPP, sedangkan Sahil dari PAN.

"Sahabat baik di DPRD. Seperjuangan dari nol," katanya saat dihubungi, Jumat (12/2/2021).

Politikus yang sempat menjadi terpidana kasus korupsi ini dikenal sebagai orang yang dermawan. Sahil mengatakan kawannya ini selalu meperjuangkan masyarakat kecil. Termasuk mengawal kebijakan Pemkot Solo saat itu yang memindahkan pasar Notoharjo.

"Banyak kebijakan pemerintah yang dikawal beliau. Salah satunya pemindahan Pasar Notoharjo saat Pak Jokowi masih jadi wali kota," ucapnya.

Hingga tutup usia, Hasan Mulachela masih aktif sebagai politikus PPP. Saat ini dia menjabat sebagai salah satu Ketua Bidang di DPP PPP. Ia juga pernah menjadi anggota DPRD selama dua periode, yakni sebelum 1999 dan 1999-2004.

Hasan Mulachela meninggal di Jakarta pada Jumat (12/3) pagi. jenazahnya langsung dibawa ke rumah duka di Solo dan akan langsung dimakamkan di Bekonang, Sukoharjo.

Belakangan dirinya dikenal di media sosial melalui unggahan video yang menggambarkan kedermawanannya membagikan sembako bagi masyarakat miskin. Ia juga aktif memberikan dukungannya pada Wali Kota Solo saat ini, Gibran Rakabuming Raka.

Rekomendasi